KEIKUTSERTAAN MAJLIS TAKLIM PADA YAYASAN AR RAHMAH DALAM DAKWAH ISLAMIYAH DI DUSUN PAPRINGAN DESA CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Nur Hikmah, NIM. 01210533 (2005) KEIKUTSERTAAN MAJLIS TAKLIM PADA YAYASAN AR RAHMAH DALAM DAKWAH ISLAMIYAH DI DUSUN PAPRINGAN DESA CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEIKUTSERTAAN MAJLIS TAKLIM PADA YAYASAN AR RAHMAH DALAM DAKWAH ISLAMIYAH DI DUSUN PAPRINGAN DESA CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
01210533_ BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEIKUTSERTAAN MAJLIS TAKLIM PADA YAYASAN AR RAHMAH DALAM DAKWAH ISLAMIYAH DI DUSUN PAPRINGAN DESA CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
01210533_ BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan uraian dan analisis tentang fenomena kegiatan pengaj ian majlis taklim di Yayasan Ar-Rahmah di Dusun Papringan maka untuk lebih tegasnya pada bab terakhir ini dinyatakan beberapa kesimpulan penelitian sebagai berikut: Pertama, komunitas pengajian majlis taklim di Yayasan Ar-Rahmah merupakan kegiatan pengajian yang berawal dari fenomena krisis keagamaan di Dusun Papringan. Oleh karena itu tujuan utama dari kegiatan ini adalah merubah kondisi keberagamaan warga Dusun paprmgan, hanya strateginya yang mengakulturasikan dengan tradisi jawa atau dalam bahasan lain dakwah kultural yang temyata dampaknya cukup efektif dan efisien dalam merubah perilaku ibadah warga Dusun Papringan. Kedua, kegiatan tersebut ternyata mempengaruhi perilaku ibadah warga dusun Papringan (aspek mentalis spiritual) secara signifikan hal ini diindikasikan dengan kesadaran warga untuk shalat berjamaah, zakat puasa dan sebagaianya. Selain itu diantara para jamaah majlis taklim pada khususnya dan pada masyarakat Papringan pada umumnya terdapat ikatan emosional yang cukup tinggi. Hal ini terlihat dari semaraknya setiap kegiatan yang diadakan. Walhasil pada diri jama'ah muncul ukhuwah Islamiyah yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Anisah Indriati, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Yayasan Ar Rahmah , Dakwah Islamiyah, Papringan Caturtunggal Depok,
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Nov 2021 15:20
Last Modified: 26 Nov 2021 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47228

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum