IMPLEMENTASI PELATIHAN INOVASI E-LEARNING BERBASIS TELEPON PINTAR SECARA DARING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI TIK MAHASISWA PAI PADA LABORATORIUM MULTIMEDIA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Ninda Ayu Nafisah, NIM: 17104010012 (2021) IMPLEMENTASI PELATIHAN INOVASI E-LEARNING BERBASIS TELEPON PINTAR SECARA DARING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI TIK MAHASISWA PAI PADA LABORATORIUM MULTIMEDIA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PELATIHAN INOVASI E-LEARNING BERBASIS TELEPON PINTAR SECARA DARING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI TIK MAHASISWA PAI PADA LABORATORIUM MULTIMEDIA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17104010012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PELATIHAN INOVASI E-LEARNING BERBASIS TELEPON PINTAR SECARA DARING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI TIK MAHASISWA PAI PADA LABORATORIUM MULTIMEDIA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17104010012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bermula untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pelatihan inovasi e-learning berbasis telepon pintar secara daring untuk meningkatkan kemampuan TIK mahasiswa PAI pada laboratorium multimedia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengambil latar Laboratorium Multimedia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Subkjek penelitiannya adalah Mentor, ketua laboratorium multimedia, asisten pemateri, dan peserta pelatihan yang merupakan mahasiswa PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Obyek penelitiannya adalah implementasi pelatihan inovasi e-learning berbasis telepon pintar secara daring untuk meningkatkan kompetensi TIK mahasiswa PAI beserta hambatan dan solusi yang dialami pada pelatihan tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan 25 peserta yang telah mengikuti pelatihan tersebut. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan trianggulasi sumber dan data analisis data menggunakan reduksi data, penajian data, dan kemudian verifikasi/penarikan kesimpulan. Masalah yang diangkat adalah pelatihan kemahiran e-learning dan pembuatan video presentasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa PAI, dengan begitu mahasiswa dapat mempersiapkan kompetensi-kompetensi guru sebelum menjadi guru dimasa mendatang. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi pelatihan inovasi e-learning berbasis telepon pintar secara daring yang diselenggarakan oleh Laboratorium Multimedia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mampu meningkatkan kompetensi TIK mahasiswa PAI. 2) Kendala yang dihadapi oleh pelatih/mentor, asisten pemateri dan peserta dalam implementasi pelatihan yaitu: a) jaringan internet yang tidak stabil, b) keterbatasan biaya untuk mengakses internet, c) peralatan yang kurang mendukung, d) sulit memahami materi melalui file tertulis, e) bosan/jenuh karena pelatihan dilaksanakan secara online. 3) Implementasi pelatihan inovasi e-learning berbasis telepon pintar secara daring menghasilkan produk berupa video presentasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Indra Fajar Nurdin, S.Pd., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Inovasi E-Learning Berbasis Telepon Pintar, Pelatihan E-Learning Secara Daring, Kompetensi TIK Mahasiswa PAI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 Nov 2021 13:11
Last Modified: 26 Nov 2021 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47247

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum