KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK BAGI REMAJA PERSPEKTIF IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH

Atika Rahayu, NIM: 17104010049 (2021) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK BAGI REMAJA PERSPEKTIF IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK BAGI REMAJA PERSPEKTIF IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH)
17104010049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK BAGI REMAJA PERSPEKTIF IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH)
17104010049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah akhlak yang mempunyai kedudukan yang penting dalam Islam haruslah ada dalam jiwa setiap umat Islam. Oleh sebab itu, pendidikan akhlak penting untuk ditanamkan orang tua/pendidik kepada anak, baik pada masa kecilnya maupun saat telah memasuki usia remajanya, di mana pada usia remaja tersebut merupakan masa di mana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat sehingga menimbulkan berbagai masalah. Maka dari itu, diperlukan perhatian lebih oleh orang tua/pendidik dalam memberikan pendidikan akhlak pada anak yang telah memasuki usia remaja, lebih dari sekedar tersampainya materi pembelajarannya saja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan filosofis, psikologis, dan sosiologis. Analisis data menggunakan metode analisis isi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Menurut Ibnu Qayyim, akhlak remaja yaitu perilaku yang bersumber dari ilmu yang benar, kehendak suci, dan amalan-amalan lahir maupun batin anak yang sudah melewati usia sepuluh tahun hingga mencapai usia baligh. Adapun macam-macamnya dapat dibagi menjadi tiga, yaitu akhlak kepada Allah (seperti taat dan tidak berkata tentang Allah tanpa ilmu, baik mengenai nama-nama, sifat-sifat, maupun perbuatan-Nya), akhlak pribadi (seperti iffah, shiddiq, menjauhi kelalaian dan kemalasan, dan tidak berlebih-lebihan), dan akhlak kepada orang lain (seperti itsar) 2)Metode yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pendidikan ini, meliputi metode keteladanan, pembiasaan, perhatian/pengawasan, dan pengosongan (pembersihan dari penyakit hati). Secara garis besar, pendidikan akhlak bagi remaja menurut Ibnu Qayyim selaras dengan teori psikologi masa sekarang. Akan tetapi dalam pelaksanaannya, proses pendidikan ini lebih terpusat pada pendidik. Adapun saran untuk penerapan pendidikan akhlak guna memperkuat akhlakul karimah remaja ke depannya yaitu perlulah bagi keluarga dan bagi lembaga pendidikan untuk mengambil dan menerapkan konsep pendidikan akhlak yang tepat, yang disesuaikan dengan perkembangan zaman, lingkungan, dan kebutuhan anak sesuai usianya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: pendidikan remaja, akhlak, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 Nov 2021 13:15
Last Modified: 26 Nov 2021 13:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47248

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum