MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SECARA DARING DI SDIT PLUS CORDOVA CIKARANG BEKASI

Nur Indah Islamiati, NIM : 17104010051 (2021) MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SECARA DARING DI SDIT PLUS CORDOVA CIKARANG BEKASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SECARA DARING DI SDIT PLUS CORDOVA CIKARANG BEKASI)
17104010051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SECARA DARING DI SDIT PLUS CORDOVA CIKARANG BEKASI)
17104010051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya pendemi Covid-19 yang melanda Indonesia pada bulan Maret 2020 hingga saat ini mengkibatkan segala aktivitas terutama pembelajaran dilaksanakan dari rumah secara jarak jauh melalui pembelajaran daring (dalam jaringan). Hal ini berimbas pada pembelajaran yang tadinya dilakukan secara tatap muka langsung harus diubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau dengan sitem daring. Mengingat pentingnya Al-Qur’an dijarkan sejak usia dasar dan berdasarkan data yang ada, masih banyaknya masyarakat muslim di Indonesia yang buta terhadap huruf Al-Qur’an, maka dalam kondisi apapun termasuk era pandemi ini pembelajaran Al-Qur’an harus tetap terlaksana jangan sampai jeda apalagi berhenti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran membaca Al-Qur’an secara daring, model pembelajaran menghafal Al-Qur’an secara daring, model penilaian pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an secara daring, serta hasil pembelajaran Al-Qur’an secara daring di SDIT Plus Cordova Cikarang Bekasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, kemudian ditarik dengan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Model pembelajaran membaca Al-Qur’an secara daring di SDIT Plus Cordova Cikarang Bekasi menggunakan metode ummi dengan sumber belajar yaitu buku Ummi yang terdiri atas buku ummi jilid 1-6, buku tajwid, dan buku garib. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dan WhatsApp dengan media pembelajaran peraga berupa slide PPT jilid ummi. Proses pembelajaran membaca Al-Qur’an terdiri atas tujuh tahapan, yaitu: pembukaan, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi, dan penutup. 2) Model pembelajaran menghafal Al-Qur’an secara daring di SDIT Plus Cordova Cikarang Bekasi menggunakan metode sima’i dan metode wahdah dengan proses menghafal melalui kegiatan talaqqi yang dengan materi hafalan yaitu juz 30. Proses pembelajaran dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dan WhatsApp. Dalam proses kegiatan pembelajaran menghafal Al-Qur’an secara daring juga terdiri atas tujuh tahapan, yang dimulai dari pembukaan, appersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi, dan penutup. 3) Model penilaian atau evaluasi pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an secara daring dilaksanakan melalui aplikasi Zoom yang terdiri atas Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS), Tes Kenaikan Jilid, dan Tes Munaqasyah. 4) Hasil pembelajaran Al-Qur’an secara daring di SDIT Plus Cordova Cikarang Bekasi berdasarkan data rapot hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkannya model pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 yaitu: (1) Kualitas baca Al-Qur’an siswa mengalami penurunan selama pembelajaran Al-Qur’an daring dibanding sebelum pembelajaran Al-Qur’an daring. (2) Pencapaian hafalan tetap stabil, baik ketika pembelajaran daring maupun pembelajaran konvensional. (2) Target pembelajaran mengalami penurunan atau kemunduran ketercapaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Pembelajaran Al-Qur’an, Pembelajaran Sistem Daring.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 Nov 2021 13:18
Last Modified: 26 Nov 2021 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum