PENERAPAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI MANPK DI MAN 1 YOGYAKARTA

Nabhan Robbany Khoirunnida, NIM 17104010093 (2021) PENERAPAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI MANPK DI MAN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI MANPK DI MAN 1 YOGYAKARTA)
17104010093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI MANPK DI MAN 1 YOGYAKARTA)
17104010093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah menyebarnya Corona Virus Disease (Covid-19). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI berdasarkan surat edaran Nomor 3 Tahun 2020 tanggal 9 Maret 2020 mengenai pencegahan Covid-19 pada satuan pendidikan memutuskan untuk mengalihkan sistem pembelajaran di kelas atau tatap muka menjadi sistem pembelajaran daring atau online. Dengan diberlakukannya keputusan ini, tentu saja sekolah harus melakukan persiapan mengenai pembelajaran. Pembelajaran harus tetap terlaksana dengan baik secara online. Pemberian tugas ini bertujuan agar peserta didik dapat terus belajar meskipun dari rumah masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode resitasi pada pembelajaran daring mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI MANPK di MAN 1 Yogyakarta, kendala yang dihadapi, dan upaya pemecahannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi dan bahan referensi. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa 1) Penerapan metode resitasi pada pembelajaran daring mata pelajaran SKI kelas XI MANPK di MAN 1 Yogyakarta terbagi menjadi tiga bagian; persiapan, penerapan, dan evaluasi metode resitasi. Bagian persiapan meliputi penyusunan RPP, pengadaaan media pembelajaran, dan persiapan evaluasi pembelajaran. Pada bagian penerapan meliputi tahap pemberian tugas, tahap pelaksanaan tugas, dan tahap mempertanggungjawabkan tugas, Pada bagian evaluasi yaitu berupa pengambilan nilai untuk mengetahui tingkat pemahaman dan keberhasilan metode tersebut. 2) Adapun kendala yang dihadapi saat menerapkan metode resitasi pada proses pembelajaran daring seperti jaringan internet yang tidak stabil, keterbatasan kuota, ketersediaan sarana dan prasarana untuk belajar di rumah, kesulitan dalam hal pemantauan dan memahami materi. Upaya pemecahan masalah yang dilakukan pendidik adalah pengadaan bantuan kuota, bekerja sama dengan wali peserta didik untuk pengadaan sarana dan prasarana yang mumpuni, serta penggunaan variasi media agar peserta didik lebih semangat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran SKI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 Nov 2021 13:26
Last Modified: 26 Nov 2021 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum