PENDIDIKAN TAUHID MENURUT SYEKH SITI JENAR (Studi Pemikiran Syekh Siti Jenar dalam Buku “Syekh Siti Jenar Makna Kematian” Karya Achmad Chodjim)

Lutfi Bani Andreyan, NIM: 17104010100 (2021) PENDIDIKAN TAUHID MENURUT SYEKH SITI JENAR (Studi Pemikiran Syekh Siti Jenar dalam Buku “Syekh Siti Jenar Makna Kematian” Karya Achmad Chodjim). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN TAUHID MENURUT SYEKH SITI JENAR (Studi Pemikiran Syekh Siti Jenar dalam Buku “Syekh Siti Jenar Makna Kematian” Karya Achmad Chodjim))
17104010100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN TAUHID MENURUT SYEKH SITI JENAR (Studi Pemikiran Syekh Siti Jenar dalam Buku “Syekh Siti Jenar Makna Kematian” Karya Achmad Chodjim))
17104010100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena banyak yang mengatakan bahwa pandangan tauhid Syekh Siti Jenar cukup kontroversial. Pandangan tersebut menimbulkan banyak reaksi public, ada yang menganggap bahwa Syekh Siti Jenar telah murtad, namun ada juga yang menganggap bahwa Syekh Siti Jenar masih memeluk Islam. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan tauhid Syekh Siti Jenar serta apa nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan metode pengumpulan data yang dipakai, peneliti menggunakan metode dokumentasi. Dokumen bisa berupa tulisan, gambar, atau karya-karya monumental dari seorang tokoh. Sedangkan analisis data, peneliti menggunakan metode analisis isi, yang merupakan sebuah metode pengumpulan data melalui teknik observasi terhadap isi atau pesan yang terkandung di dalam dokumen yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan juga informasi yang terkandung dalam dokumen secara spesifik. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: 1. Pendidikan tauhid Syekh Siti jenar lebih memfokuskan pada pandangan tasawuf dan filsafat ketuhanan. Oleh karena itu, jika dibandingkan dengan tauhid secara umum, maka tauhid Syekh Siti Jenar akan berbeda. Namun perbedaan tersebut bukan berarti pandangan tauhid Syekh Siti Jenar itu salah, 2. Sedangkan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam koonsep tauhid Syekh Siti Jenar adalah untuk lebih memahami substansi dari sebuah ajaran, keikhlasan dalam beribadah, tidak terjebak duniawi, dan memiliki akhlak yang baik dalam menjalani kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Tauhid Menurut Syekh Siti Jenar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 Nov 2021 13:34
Last Modified: 26 Nov 2021 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47256

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum