PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BAHASA ARAB KELAS 1 DALAM APLIKASI CONSTRUCT 2

Salman Albar Faris, NIM.: 17104080082 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BAHASA ARAB KELAS 1 DALAM APLIKASI CONSTRUCT 2. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BAHASA ARAB KELAS 1 DALAM APLIKASI CONSTRUCT 2)
17104080082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BAHASA ARAB KELAS 1 DALAM APLIKASI CONSTRUCT 2)
17104080082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Proses belajar mengajar tidak lepas dari pendidik dan peserta didik juga materi pembelajaran dan media pembelajaran. Kebutuhan akan media pembelajaran dalam sebuah proses pembelajaran dirasa sangat penting guna memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam menerima materi pembelajarn. Pembelajaran bahasa Arab juga memerlukan media yang tepat seperti media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat memuat media gambar, tulisan dan suara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran materi bahasa Arab dalam aplikasi Construct 2, mengetahui kelayakan media pembelajaran materi bahasa Arab dalam aplikasi construct 2 berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, serta mengetahui respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Dissemination (Penyebarluasan). Instrumen penelitian berupa angket yang memiliki skala pengukuran Likert untuk mengetahui penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, dan skala pengukuran Guttman dalam bentuk checklist untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran pop-up book. Uji coba dilakukan kepada peserta didik kelas 1. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian dari para ahli dijumlahkan untuk masing-masing kategori atau kriteria penilaian kemudian dipersentase berdasarkan persentase keidealan sehingga diketahui kualitas media pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran materi bahasa Arab dalam aplikasi Construct 2 berdasarkan hasil penilaian oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa termasuk dalam kategori ―SB‖ (Sangat Baik). Respon peserta didik terhadap media pembelajaran materi bahasa Arab dalam aplikasi Construct 2 memperoleh penilaian‖Positif‖. Persentase respon positif peserta didik pada media pembelajaran sebesar 100%, dan peserta didik yang merespon negatif sebesar 0%. Rata-rata persentase respon peserta didik mencapai 94,375%. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa ―Media Pembelajaran Materi Bahasa Arab Dalam Aplikasi Construct 2” yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Construct 2, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:06
Last Modified: 26 Nov 2021 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47261

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum