PENDIDIKAN IBADAH DALAM LINGKUNGAN KELUARGA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA COVID-19 (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTs Bustanul Ulum Tanggungprigel Glagah Lamongan)

Ismi Nur Azizah, NIM: 17104010108 (2021) PENDIDIKAN IBADAH DALAM LINGKUNGAN KELUARGA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA COVID-19 (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTs Bustanul Ulum Tanggungprigel Glagah Lamongan). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN IBADAH DALAM LINGKUNGAN KELUARGA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA COVID-19 (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTs Bustanul Ulum Tanggungprigel Glagah Lamongan))
17104010108_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN IBADAH DALAM LINGKUNGAN KELUARGA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA COVID-19 (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTs Bustanul Ulum Tanggungprigel Glagah Lamongan))
17104010108_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi musibah yang menyedihkan dan dirasakan hampir seluruh penduduk bumi. Berbagai kebijakan telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk menanggulangi penyebaran virus ini, termasuk pada bidang pendidikan. KEMENDIKBUD mengeluarkan kebijakan untuk melaksanakan proses belajar mengajar dari rumah selama masa pandemi. Peran orang tua menjadi kunci utama dalam pembelajaran jarak jauh ini, karena tidak hanya menjadi seorang ayah atau ibu tetapi juga menjadi seorang guru seperti halnya pada lembaga pendidikan untuk anaknya. Pendidikan agama yang paling dasar dan utama yaitu dengan memberikan edukasi kepada anak tentang bagaimana cara beribadah kepada Allah. MTs Bustanul Ulum yang merupakan sekolah berbasis pesantren juga memiliki perhatian yang tinggi terhadap kegiatan ibadah siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran sekolah terkait pendidikan ibadah siswa selama pembelajaran jarak jauh, peran orang tua dalam pendidikan ibadah siswa selama pembelajaran jarak jauh, dan pelaksanaan ibadah siswa selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan model Milles and Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran Sekolah terkait pendidikan ibadah siswa selama pembelajaran jarak jauh yaitu dengan membangun kesadaran siswa untuk menjalankan ibadah agar siswa mengerti dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati. Seperti menyediakan buku kontrol yang berisikan daftar kegiatan belajar dan ibadah, selain itu setiap hari pihak sekolah selalu mengingatkan dan memotivasi siswa agar tidak lupa untuk belajar dan beribadah. Dalam pemberian materi pihak sekolah mengikuti kurikulum yang sudah ada dan menggunakan whatsApp sebagai media pembelajarannya. (2) Peran orang tua dalam pendidikan ibadah siswa selama pembelajaran jarak jauh yaitu dengan memberikan pendampingan ibadah kepada anaknya. Selain itu orang tua juga rutin memeriksa dan memvalidasi buku kontrol anak yang nantinya akan dikumpulkan di sekolah. (3) Pelaksanaan ibadah siswa selama pembelajaran jarak jauh tercatat stabil tidak terdapat kenaikan atau penurunan dalam intensitas ibadahnya sama seperti pada saat pembelajaran tatap muka di sekolah. Siswa tetap menjalankan ibadah sholat dhuha, sholat lima waktu dan beberapa kegiatan ibadah keagamaan lain yang ada di lingkungan siswa tersebut seperti TPQ, Madin atau Dibaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Indra Fajar Nurdin, S.Pd., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Ibadah, Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 Nov 2021 13:38
Last Modified: 26 Nov 2021 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47263

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum