PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI SECARA DARING BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB N 1 BANTUL DAN PERMASALAHANNYA

Bambang Triatmojo, NIM : 17104010117 (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI SECARA DARING BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB N 1 BANTUL DAN PERMASALAHANNYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI SECARA DARING BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB N 1 BANTUL DAN PERMASALAHANNYA)
17104010117_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI SECARA DARING BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB N 1 BANTUL DAN PERMASALAHANNYA)
17104010117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya pandemi Covid-19 yang masuk ke Indonesia pada awal Maret 2020 yang kemudian berdampak pada perubahan besar berbagai bidang kehidupan di Indonesia. Salah satu dampak besar dari pandemi Covid-19 pada bidang pendidikan yaitu perubahan pelaksanaan pembelajaran, dari yang semula dilaksanakan secara tatap muka di sekolah menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Perubahan pelaksanaan pembelajaran yang secara mendadak tersebut kemudian menimbulkan berbagai permasalahan bagi siswa Tunagrahita Ringan untuk melaksanaan pembelajaran. Skripsi ini akan meneliti tentang bagaimana pelaksanaan Pembelajaran PAI Via daring untuk Siswa Tunagrahita Ringan dan sekaligus faktor apa saja yang menjadi pendukung maupun penghambatnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif field research. Peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui kondisi realitas pelaksanaan pembelajaran daring bagi siswa Tunagrahita Ringan di masa pandemi. Subjek dari penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, guru PAI, Siswa Tunagrahita Ringan, dan orang tua siswa. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subjek dilaksanakan secara purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu model analisis Miles dan Hubberman yang terdiri dari Data Reduction, Data Display, dan Conclusion Drawing/Verifying secara interaktif. Uji keabsahan menggunakan Triangulasi Tehnik dan Triangulasi Sumber. Hasi penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI untuk siswa Tunagrahita Ringan di SLB N 1 Bantul dilaksanakan dengan metode penugasan melalui media Whatsapp. Untuk melaksanakan pembelajaran, orang tua berperan sebagai perantara pembelajaran dari guru ke siswa. Hal ini karena kebanyakan siswa Tunagrahita Ringan belum dapat membaca dan menulis dengan lancar sehingga kesulitan melaksanakan pembelajaran mandiri. Pelaksanaan pembelajaran PAI secara daring tersebut dinilai belum maksimal karena masih memiliki berbagai permasalahan seperti kurangnya kemampuan guru PAI dalam menggunakan IT, kesibukan orang tua, kurangnya kontrol guru secara langsung terhadap siswa, tidak adanya buku siswa, dan alat yang kurang memadai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Pembelajaran PAI, Pandemi Covid-19, Tunagrahita Ringan.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 Nov 2021 13:47
Last Modified: 26 Nov 2021 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47266

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum