PENDIDIKAN SEKS PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU KETIKA ANAK BERTANYA TENTANG SEKS KARYA HASAN EL-QUDSY)

Veri Irawan, NIM: 17104010133 (2021) PENDIDIKAN SEKS PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU KETIKA ANAK BERTANYA TENTANG SEKS KARYA HASAN EL-QUDSY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN SEKS PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU KETIKA ANAK BERTANYA TENTANG SEKS KARYA HASAN EL-QUDSY))
17104010133_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN SEKS PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU KETIKA ANAK BERTANYA TENTANG SEKS KARYA HASAN EL-QUDSY))
17104010133_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu pengetahuan masyarakat yang rendah tentang pendidikan seks sehingga masyarakat menganggap pendidikan seks sebagai hal yang tabu untuk dibicarakan, bahkan ada yang tidak tahu sama sekali tentang pendidikan seks, sedangkan hasrat yang timbul pada diri remaja tidak mengenal ketidaktahuan orang tua sehingga Peneliti menilai bahwa topik ini menarik untuk dibahas dalam penelitian ini agar diketahui pendidikan seks yang tepat untuk remaja. Buku Ketika Anak Bertanya tentang Seks Karya Hasan El-Qudsy dipilih karena membahas pendidikan seks menggunakan perpektif Islam dan medis. Buku ini juga mudah untuk dipahami dan disampaikan kembali. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan eksplorasi pendidikan seks yang tepat diberikan kepada anak usia remaja. Menyampaikan pendidikan seks dengan tepat berarti juga menggunakan cara yang tepat dan memilih momen yang tepat. Hal ini bertujuan agar anak dapat menerima pendidikan seks dengan sukarela dan materi pendidikan seks pun tertanam dengan kuat sehingga anak terhindar dari jalan seks yang menyimpang seperti mendekati zina. Dalam Penelitian ini, Peneliti memakai penelitian kepustakaan, pendekatan penelitian yang Peneliti gunakan yaitu pendekatan penelitian psikologis, metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan metode analisis data menggunakan metode analisis konten. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa anak harus menerima delapan materi pendidikan seks ketika memasuki usia remaja, yaitu mandi besar, menutup aurat, khalwat dan ikhtilat, mahram dan nonmahram, menjaga mata, tamil natural tanpa bersolek untuk anak perempuan, menjaga diri dari penyimpangan seksual, dan sakralitas pernikahan. Pendidikan seks adalah materi yang harus disampaikan oleh orang dengan pengetahuan agama yang cukup agar pendidikan seks bukan hanya didasarkan pada keamanan berhubungan seksual, tetapi juga untuk menjaga diri anak dari zina dan menjaga akidah serta ibadah anak. Maka, selain orang tua, orang dewasa yang paling berkompeten adalah Guru PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yuli Kuswandari, S.Pd. M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Seks, Remaja, Ketika Anak Bertanya tentang Seks
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 Nov 2021 13:51
Last Modified: 26 Nov 2021 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47268

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum