PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL YOGYAKARTA

Irfa Rizqia Nisa’atur Rokhmah, NIM.: 17104090029 (2021) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL YOGYAKARTA)
17104090029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL YOGYAKARTA)
17104090029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti untuk mengkaji tentang pengelolaan sarana dan prasarana dalam lembaga pendidikan. Di sisi lain sudah banyak yang hanya mengkaji tentang pengelolaan sarana dan prasarana tanpa melihat peran kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan peran kepala madrasah dalam proses pengelolaan sarana dan prasarana di MI Nurul Ulum , apa saja hambatan yang terjadi dalam pengelolaan sarana dan prasarana di MI Nurul Ulum serta usaha-usaha yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MI Nurul Ulum Kretek Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan transkip, coding, grouping, comparing dan contrasting. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah menjalankan peran dan fungsinya sebagai administrator, manajer dan juga leader dalam mengelola sarana dan prasarana pendidikan di MI Nurul Ulum. Pengelolaan sarana dan prasarana yang dilakukan meliputi perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan. Dalam pengelolaan sarana dan prasarana tersebut masih terdapat beberapa hambatan, yaitu mengenai letak madrasah dan asrama pondok yang masih satu lokasi menjadi masalah utama dalam hal ini. Kemudian kepala madrasah melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan pengelolaan sarana dan prasarana di MI Nurul Ulum ini yaitu dengan berusaha memaksimalkan pelayanan kepada siswa dan memenuhi sarana dan prasarana agar siswa dapat melakukan kegiatan belajar mengajar dengan baik di kelas seperti yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Wiji Hidayati, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Madrasah, Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Kualitas Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:34
Last Modified: 26 Nov 2021 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47278

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum