PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR SUDUT KELAS VII

Alip Hidayati, NIM.: 17106000003 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR SUDUT KELAS VII. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR SUDUT KELAS VII)
17106000003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR SUDUT KELAS VII)
17106000003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi hubungan antar sudut kelas VII dan mengetahui kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi hubungan antar sudut kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). Dengan proses pengembangan bahan ajar pada tahap penyebaran tidak dilaksanakan karena adanya keterbatasan waktu, dan ketidakmungkinan situasi. Pada penelitian ini, peneliti menyusun dua jenis instrumen sebagai alat untuk menilai kelayakan produk sebelum digunakan, yaitu instrumen validasi ahli materi yang akan diberikan kepada 4 dosen dan 1 guru matematika SMP, serta instrumen validasi ahli media yang akan diberikan kepada 4 dosen. Analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dikatakan valid dengan nilai minimal tiap butir penilaian pada ahli materi 0,80 dan nilai minimal tiap butir penilaian pada ahli media 0,88. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi hubungan antar sudut kelas VII yang dikembangkan oleh peneliti dikatakan valid oleh ahli materi dan ahli media. Hal ini berdasarkan hasil penilaian validator ahli materi yang memperoleh nilai rata-rata valid 0,88 dan hasil penilaian validator ahli media yang memperoleh nilai rata-rata valid 0,94.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibrahim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:57
Last Modified: 16 Feb 2022 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47282

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum