PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT SMP/MTs KELAS VII

Eva Dwi Aprilia Atanti, NIM.: 17106000024 (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT SMP/MTs KELAS VII. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT SMP/MTs KELAS VII)
17106000024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT SMP/MTs KELAS VII)
17106000024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi game edukasi android yang valid untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa pada materi bilangan bulat SMP/MTs kelas VII. Aplikasi game edukasi “Meja Bilbul” ini memuat materi, game, dan evaluasi tentang bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan PPE. Langkah-langkah PPE meliputi tahap planning (perencanaan), production (produksi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi instrumen, lembar penilaian ahli materi dan lembar penilaian ahli media. Kriteria ketercapaian kualitas produk dilakukan dengan melakukan uji kevalidan sehingga dinyatakan valid oleh para ahli. Data yang digunakan dalam analisis data yaitu hasil penilaian produk dari ahli materi dan ahli media. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi game edukasi “Meja Bilbul” yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran matematika. Melalui uji kevalidan produk yang dilakukan oleh ahli materi aplikasi game edukasi ini mendapat persentase kevalidan sebesar 90,21% (Sangat Baik) dan oleh ahli media aplikasi game edukasi ini mendapat persentase kevalidan sebesar 79,17% (Baik) sehingga aplikasi game edukasi “Meja Bilbul” dikatakan valid.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi game edukasi android yang valid untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa pada materi bilangan bulat SMP/MTs kelas VII. Aplikasi game edukasi “Meja Bilbul” ini memuat materi, game, dan evaluasi tentang bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan PPE. Langkah-langkah PPE meliputi tahap planning (perencanaan), production (produksi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi instrumen, lembar penilaian ahli materi dan lembar penilaian ahli media. Kriteria ketercapaian kualitas produk dilakukan dengan melakukan uji kevalidan sehingga dinyatakan valid oleh para ahli. Data yang digunakan dalam analisis data yaitu hasil penilaian produk dari ahli materi dan ahli media. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi game edukasi “Meja Bilbul” yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran matematika. Melalui uji kevalidan produk yang dilakukan oleh ahli materi aplikasi game edukasi ini mendapat persentase kevalidan sebesar 90,21% (Sangat Baik) dan oleh ahli media aplikasi game edukasi ini mendapat persentase kevalidan sebesar 79,17% (Baik) sehingga aplikasi game edukasi “Meja Bilbul” dikatakan valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suparni, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Pemahaman Konsep, Bilangan Bulat
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Nov 2021 15:37
Last Modified: 26 Nov 2021 15:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47292

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum