PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

Kevin Amelia Khusnain, NIM.: 17106000032 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS)
17106000032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS)
17106000032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk menstimulasi kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII. LKPD berfungsi sebagai media dalam pelaksanaan pembelajaran siswa di sekolah, sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi yang di sampaikan oleh pendidik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada model 4-D yang terdiri dari 4 tahap diantaranya Define (pendefinisian), Design (rancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Akan tetapi, kali ini hanya dibatasi sampai pada tahap 3 yaitu Develop (pengembangan). Setelah peneliti mengembangkan LKPD, dilakukan validasi oleh beberapa ahli untuk mengetahui tingkat kevalidan LKPD yang dikembangkan, sehingga LKPD layak digunakan oleh siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Angket digunakan untuk menilai LKPD yang dikembangkan dari segi kelengkapan materi maupun tampilan fisik modul. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan LKPD termasuk dalam katergori baik. Setelah dilakukan revisi, LKPD hasil pengembangan termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi aritmatika sosial berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk menstimulasi kemampuan penalaran matematis siswa yang dikembangkan layak digunakan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibrahim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Model 4-D. Problem Based Learning (PBL), penalaran matematis siswa
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Nov 2021 15:42
Last Modified: 26 Nov 2021 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47294

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum