PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN

Indah Oktavia Ningsih, NIM.: 17106000041 (2021) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN)
17106000041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ANDROID DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN)
17106000041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan aplikasi game edukasi RAHMATIC (Ratio Mathematics) berbasis android dengan pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Aplikasi game edukasi ini memuat materi, game, dan kuis tentang perbandingan untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model PPE. Tahap PPE meliputi Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Penilaian kelayakan produk dilakukan dengan proses validasi oleh ahli materi dan ahli media kemudian dilakukan revisi hingga produk dinyatakan valid oleh para ahli. Penilaian validitas dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Penilaian oleh ahli materi memperoleh hasil persentase sebesar 87,5% (sangat baik) dengan memuat indikator pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Adapun penilaian oleh ahli media memperoleh hasil persentase sebesar 84,72% (sangat baik). Berdasarkan hasil penilaian tersebut, aplikasi game edukasi ini dinyatakan valid. Hasil penelitian menunjukan bahwa game edukasi RAHMATIC berbasis android layak digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan minat belajar siswa pada materi perbandingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibrahim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Android, Kontekstual, Pemahaman Konsep, Minat Belajar, Perbandingan
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Nov 2021 15:44
Last Modified: 26 Nov 2021 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47295

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum