PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs PADA MATERI PECAHAN

Isna Firdausi, NIM. 17106000043 (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs PADA MATERI PECAHAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs PADA MATERI PECAHAN)
17106000043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs PADA MATERI PECAHAN)
17106000043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Hal tersebut disebabkan pemahaman konsep matematika merupakan konsep-konsep yang hierarki dan akan berpengaruh pada konsep-konsep setelahnya. Konsep pecahan adalah salah satu konsep dasar yang penting untuk dipahami siswa. Jika siswa tidak memahami cara kerja pecahan, maka akan mengganggu kemampuannya dalam belajar aljabar, bilangan riil, dll namun dalam mempelajari konsep pecahan sangat memungkinkan terjadinya miskonsepsi pada diri siswa. Pelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi game edukasi android yang valid untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa SMP/MTs pada materi pecahan. Model pengembangan yang digunakan adalah model PPE (Planning, Production, and Evaluation) menurut Richey dan Klein yang dibagi menjadi tiga tahap: (1) Perencanaan/planning, (2) Produks/production, dan (3) Evaluation/penilaian. Berdasarkan hasil uji kevalidan produk dari ahli materi, secara keseluruhan diperoleh kriteria sangat baik dengan persentase keidealan ahli materi sebesar 83,82%. Hasil uji kevalidan produk untuk ahli media, secara keseluruhan diperoleh kriteria baik dengan persentase keidealan ahli media sebesar 74,56%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa aplikasi game edukasi android yang dikembangkan telah valid dan layak diujicobakan ke siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Pemahaman Konsep, Pecahan
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Nov 2021 14:06
Last Modified: 29 Nov 2021 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47302

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum