PENGEMBANGAN E-COMIC MATERI RELASI DAN FUNGSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP

Rohmah Nur Faoziah, NIM. 17106000046 (2021) PENGEMBANGAN E-COMIC MATERI RELASI DAN FUNGSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-COMIC MATERI RELASI DAN FUNGSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP)
17106000046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-COMIC MATERI RELASI DAN FUNGSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP)
17106000046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dikembangkan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Comic dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi Relasi dan Fungsi yang akan digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa, khususnya kelas VIII SMP/MTs. Media pembelajaran E-Comic ini berisi materi yang dikemas dengan cerita bergambar (ilustrasi) dalam tampilan flipbook sehingga terkesan seperti buku sungguhan saat E-Comic dibuka. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang mengacu pada prosedur yang dikemukakan oleh Sugiyono dan dimodifikasi menjadi tiga tahapan, diantaranya ialah tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Penilaian validitas produk ini dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Produk yang dinilai oleh ahli materi diperoleh rata-rata skor keidealan sebesar 3,14 dengan kualifikasi Baik dan ahli media diperoleh rata-rata skor keidealan 3,46 dengan kualifikasi Sangat Baik, sehingga produk dinyatakan valid. Dari hasil penilaian siswa melalui proses uji coba terhadap produk yang dikembangkan, diperoleh rata-rata skor secara keseluruhan sebesar 3,37 dengan kualifikasi Sangat Baik. Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Comic ini dikatakan praktis dan layak digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep materi Relasi dan Fungsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Media Pembelajaran E-Comic, Realistics Mathematic Education (RME), Pemahaman Konsep, Relasi dan Fungsi
Uncontrolled Keywords: Raekha Azka, M.Pd
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Nov 2021 14:12
Last Modified: 29 Nov 2021 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47303

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum