PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK KELAS XI SMA/MA

Fajar Aditya Nur Apsari, NIM. 17106070040 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK KELAS XI SMA/MA)
17106070040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK KELAS XI SMA/MA)
17106070040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Paradigma pendidikan di Indonesia berubah seiring perkembangan zaman. Era ini menuntut adanya pendidikan yang mampu memfokuskan ilmu pengetahuan yang dapat diaplikasikan dalam dunia nyata. Sejalan dengan hal tersebut maka Kemendikbud merumuskan kurikulum 2013 sebagai upaya untuk menghadapi tantangan pembelajaran abad ke-21. Proses pembelajaran kurikulum 2013 menitikberatkan pada keaktifan peserta didik. Agar proses pembelajaran berjalan maksimal maka diperlukan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu menggunakan LKPD inovatif berbasis learning cycle 7E. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis learning cycle 7E pada materi termokimia dan menganalisis kualitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate, namun tanpa melakukan tahap disseminate. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh dosen pembimbing, tiga peer reviewer, satu dosen ahli materi dan satu dosen ahli media. Kualitas produk dinilai oleh lima guru kimia SMA/MA dan direspon oleh 10 peserta didik kelas XI MIPA yang telah mendapatkan materi termokimia. Penilaian kualitas produk dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilaikan kepada ahli yang sesuai bidangnya. Penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk hasil penelitian ini merupakan media cetak berukuran A4 berisi materi termokimia yang disajikan menggunakan tujuh langkah pembelajaran model learning cycle yaitu elicit, engage, explore, explain, elaborate, evaluate, dan extend serta latihan soal. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan presentase 91,67% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan presentase 91,67% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian produk oleh guru kimia SMA/MA mendapatkan presentase 96,67% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan hasil respon peserta didik mendapatkan presentase 92,67% dengan kategori Sangat Baik (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Model Learning Cycle 7E, Termokimia
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Nov 2021 14:30
Last Modified: 29 Nov 2021 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47307

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum