PENGEMBANGAN MODUL INDIKATOR ALAMI BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN MUATAN GREEN CHEMISTRY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI ASAM BASA SMA/MA

Farah Sausan Salsabila, NIM. 17106070045 (2021) PENGEMBANGAN MODUL INDIKATOR ALAMI BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN MUATAN GREEN CHEMISTRY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI ASAM BASA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL INDIKATOR ALAMI BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN MUATAN GREEN CHEMISTRY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI ASAM BASA SMA/MA)
17106070045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL INDIKATOR ALAMI BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN MUATAN GREEN CHEMISTRY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI ASAM BASA SMA/MA)
17106070045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Adanya kurikulum 2013 dapat mendorong siswa berpikir kritis sehingga memudahkan pemahaman pada materi asam basa yang bersifat abtrak dan kompleks. Untuk mendalami materi diperlukan praktikum asam basa. Praktikum umumnya menggunakan indikator sintesis yang tidak ramah lingkungan sehingga diperlukan alternatif lain seperti indikator alami. Hal ini merupakan penerapan prinsip green chemistry pada pembelajaran. Namun, ketersediaan media penunjang pembelajaran tersebut masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran modul indikator alami berbasis kontekstual dengan muatan green chemistry untuk memudahkan pencarian referensi pada materi asam basa dan mengetahui kualitas media berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia (reviewer), dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) untuk menghasilkan dan menguji keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, development, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Sedangkan kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan empat guru kimia SMA/MA (reviewer), serta direspon oleh sepuluh siswa kelas XI MIPA SMA/MA. Penilaian kualitas oleh ahli menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon siswa dinilai menggunakan lembar angket skala Guttman. Modul indikator alami yang dikembangkan merupakan media cetak berukuran B5 dan terdiri dari 53 halaman. Modul ini memuat seluruh komponen pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), lima prinsip green chemistry, dan didesain dengan menarik. Hasil penilaian kualitas produk oleh dosen ahli materi memperoleh persentase keidealan 98,46% dengan kategori Sangat Baik (SB), oleh dosen ahli media memperoleh persentase keidealan 91,00% dengan kategori Sangat Baik (SB), oleh guru kimia memperoleh persentase keidealan 94,17% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan respon siswa kelas XI MIPA memperoleh persentase keidealan 96,67%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Laili Nailul Muna, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Modul Pembelajaran, Kontekstual, Green Chemistry, Asam Basa.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Nov 2021 14:34
Last Modified: 29 Nov 2021 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47308

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum