KEANEKARAGAMAN CENDAWAN DI DESA BLEBER BENER PURWOREJO DALAM BENTUK ENSIKLOPEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMA/MA

Anya Via Febriani, NIM. 17106080004 (2021) KEANEKARAGAMAN CENDAWAN DI DESA BLEBER BENER PURWOREJO DALAM BENTUK ENSIKLOPEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEANEKARAGAMAN CENDAWAN DI DESA BLEBER BENER PURWOREJO DALAM BENTUK ENSIKLOPEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMA/MA)
17106080004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KEANEKARAGAMAN CENDAWAN DI DESA BLEBER BENER PURWOREJO DALAM BENTUK ENSIKLOPEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMA/MA)
17106080004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman cendawan di desa Bleber Bener Purworejo, mengembangkan ensiklopedia sebagai sumber belajar mandiri, dan mengetahui kualitas ensiklopedia yang telah dikembangkan sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri. Penelitian ini terdiri dari tahap penelitian keanekaragaman cendawan di Desa Bleber Bener Purworejo dan tahap pengembangan ensiklopedia cendawan. Penelitian keanekaragaman menghasilkan 33 spesies yang terbagi dalam 2 filum, 11 ordo, dan 25 famili. Hasil akhir berupa media cetak dalam bentuk ensiklopedia. Ensiklopedia dinilai menggunakan lembar angket oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 2 guru biologi. Uji coba terbatas dilakukan kepada 20 siswa kelas X MAN Purworejo. Hasil penilaian kualitas ensiklopedia oleh ahli materi mendapatkan persentase 83,4% dengan kategori Sangat Baik (SB), oleh ahli media mendapatkan persentase 80% dengan kategori Baik (B), oleh guru biologi mendapatkan persentase 86,9% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan dari respon siswa mendapatkan 88,8% dengan kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan keseluruhan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Widodo, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Cendawan, Desa Bleber Bener Purworejo, Ensiklopedia, Sumber Belajar mandiri
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Nov 2021 08:26
Last Modified: 30 Nov 2021 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47312

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum