PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA PADA MATERI VEKTOR

Hanif Fakhrudin, NIM. 17106090045 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA PADA MATERI VEKTOR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA PADA MATERI VEKTOR)
17106090045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA PADA MATERI VEKTOR)
17106090045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis android pada materi vektor yang berkualitas menurut ahli materi, ahli grafika, dan guru fisika SMA/MA, 2) mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar interaktif berbasis android pada materi vektor. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yakni Analysis, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Namun, penelitian ini dilakukan sampai tahap Implementation dengan menguji cobakan bahan ajar interaktif kepada peserta didik pada kelompok kecil. Sebelum diuji cobakan, produk awal bahan ajar interaktif divalidasi oleh 2 ahli materi dan 2 ahli grafika. Setelah mendapatkan kriteria “valid” produk bahan ajar interaktif dinilaikan kepada 2 ahli materi, 2 ahli grafika, dan 1 guru fisika SMA/MA. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi, lembar penilaian, dan lembar respon siswa. Penilaian kualitas bahan ajar interaktif menggunakan skala likert dengan skala 4 dan dibuat dalam bentuk checklist. Sedangkan, respon siswa menggunakan skala guttman yang disajikan dalam bentuk pilihan “setuju” dan “tidak setuju” terhadap pernyataan yang diberikan. Hasil penelitian ini antara lain: 1) telah dihasilkan bahan ajar interaktif berbasis android pada materi vektor yang berkualitas sangat baik menurut ahli materi, ahli grafika, dan guru fisika SMA/MA dengan perolehan skor rata-rata berturut-turut adalah 3,46; 3,7; dan 3,48, 2) respon siswa pada uji coba kelompok kecil menunjukkan kategori setuju (S) dengan rata rata skor 0,9.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Widayanti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Interaktif, Vektor, Android
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Nov 2021 08:47
Last Modified: 30 Nov 2021 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47317

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum