IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ 1 DI KB AISYIYAH MUTIARA UMMI

Ummu Imaroh, NIM.: 15430029 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ 1 DI KB AISYIYAH MUTIARA UMMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ 1 DI KB AISYIYAH MUTIARA UMMI)
15430029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ 1 DI KB AISYIYAH MUTIARA UMMI)
15430029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Yang melatarbelakangi adanya kajian ialah berangkat dari anak yang akan masuk kejenjang SD diharuskan mampu untuk membaca, menulis dan menghitung, sedangkan bukankah hal itu bukan suatu keharusan. Peneliti kemudian ingin mencari tahu bagaimana perkembangan kognitif anak di usia dini, kemudian termasuk pada penelitian lapangan. Sifat pada penelitian ini ialah deskriptif yaitu sebuah kajian yang bertujuan untuk menemukan suatu deksripsi terkait implementasi pembelajaran di sentra persiapan dalam perkembangan kognitif anak. Subjek penelitian yakni kepala sekolah, guru kelompok Abu Bakar Ash-Shiddik 1, guru sentra persiapan KB Aisyiyah Mutiara Ummi, dan anak-anak kelompok Abu Bakar Ash-Shiddik 1. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun cara pengujian kabsahan data adalah dengan menggunakan teknik triangulasi. Dari kajian ini dapat diperoleh hasil yakni pertama, implementasi pembelajaran di sentra persiapan untuk perkembangan kognitif anak diadakan setiap seminggu sekali tepatnya hari Kamis mulai pukul 08.00 sampai dengan 10.30 WIB. Proses implementasi di sentra persiapan meliputi: pembukaan, menjelaskan cara bermain, memberikan peraturan main, mendampingi kegiatan main, mengevaluasi kegiatan main, dan penutup. Kedua, perkembangan kognitif melalui pembelajaran di sentra persiapan ini sebagian besar dari perkembangan kognitif anak telah berkembang seperti memahami perintah, menyebutkan, membedakan huruf dan angka, mengelompokkan benda sesuai jenisnya, membedakan warna dan lain-lain, namun terdapat beberapa perkembangan kognitifnya belum meningkat secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendidik; disiplin kerja; permainan edukatif;
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 Nov 2021 10:54
Last Modified: 30 Nov 2021 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47366

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum