PEMIKIRAN ALI SYARIATI TENTANG MANUSIA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam)

A'ISYATUL U'YU'UN - NIM. 95473193, (2010) PEMIKIRAN ALI SYARIATI TENTANG MANUSIA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN ALI SYARIATI TENTANG MANUSIA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN ALI SYARIATI TENTANG MANUSIA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)

Abstract

Pendirian Ali Syari'ati tentang konsep manusia memperlihatkan lemahnya konsep Barat maupun Timur. Barat dinilai condong kea rah dunia kekinian yang bersifat pragmatis, sementara Timur condong kea rah ukhrowi. Ali Syari'ati menjembatani kedua sikap ini dengan menawarkan nilai-nilai agama disatu pihak dan nilai-nilai kehidupan nyata di pihak lain. Melalui perpaduan inilah manusia akan tampil sebagai makhluk yang bermakna bagi dirinya sendiri maupun terhadap lingkungan sekitarnya dengan perubahan-perubahan yang dilakukannya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reaseach), dengan mengambil sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pembahasan yang digunakan terhadap konsep manusia menggunakan deskriptif-analitis, dengan pola piker deduktif dan induktif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan histories dan pendekatan filosofis. Ali Syari'ati meletakkan landasan yang tegas tentang proses penciptaan manusia sebagai proses evolutif yang bergerak menuju pada tingkat kesempurnaan illahi. Walaupun evolusi kehidupan rohani banyak ditentukan oleh fisik, namun dalam perkembangan berikutnya kehidupan rohani justru mengatasi kehidupan fisik yang akhirnya sampai pada tahap kemampuan untuk membebaskan dirinya dari alam fisik. Pemikiran-pemikiran Ali Syari'ati tentang filsafat kehidupan dapat dijadikan bahan kajian bagi pengembangan pendidikan Islam ke depan. Tujuan pendidikan Islam untuk membantu individu mencapai aktualisasi diri untuk mengarah pada realitas tertinggi yaitu Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: filsafat kehidupan, filsafat pendidikan Islam, Ali Syari'ati
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 21 Feb 2013 20:51
Last Modified: 17 Mar 2017 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4737

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum