PRAKTIK RELASI GENDER TERHADAP PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA COKROKEMBANG NGADIROJO PACITAN JAWA TIMUR)

Jezzica Alvenda Gunawan, NIM.: 17103050060 (2021) PRAKTIK RELASI GENDER TERHADAP PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA COKROKEMBANG NGADIROJO PACITAN JAWA TIMUR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK RELASI GENDER TERHADAP PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA COKROKEMBANG NGADIROJO PACITAN JAWA TIMUR))
17103050060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK RELASI GENDER TERHADAP PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA COKROKEMBANG NGADIROJO PACITAN JAWA TIMUR))
17103050060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengenai praktik relasi gender dalam pembentukan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah di Pacitan Jawa Timur. Pada awalnya, perempuan di Desa Cokrokembang bertanggung jawab atas pekerjaan domestik rumah tangga. Namun kini, perempuan turut mencari nafkah, atau bahkan menjadi tulang punggung tunggal keluarga. Menjadi pencari nafkah, tidak serta merta menjadikan perempuan terlepas dari stigma sebagai penanggung jawab domestik rumah tangga. Banyak perempuan yang sekembalinya bekerja harus segera melanjutkan pekerjaan rumahnya. Ketidakadilan yang disebabkan karena ketimpangan gender berpotensi menimbulkan konflik yang dapat membahayakan keutuhan rumah tangga. Namun ternyata hal ini tidak serta merta terjadi pada masyarakat Desa Cokrokembang. Mereka dapat mengatur rumah tangga agar tetap harmonis dengan cara menumbuhkan sikap saling memahami satu sama lain. Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah : 1.Bentuk-bentuk keadilan dan ketidakadilan gender dalam kehidupan rumah tangga pada Masyarakat Desa Cokrokembang, Ngadirojo, Pacitan dalam perspektif kesetaraan gender 2.Bagaimana dampak praktik relasi gender terhadap pembentukan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah pada Masyarakat Desa Cokrokembang, Ngadirojo, Pacitan. Adapun metode yang digunakan adalah berjenis penelitian lapangan (field researh), dengan data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dan data sekunder melalui penelitian kepustakaan dan pencatatan dokumen. Sifat dari penelitian ini deskriptif analitik. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi. Sebagai hasilnya berikut bentuk-bentuk keadilan gender yang terjadi masyarakat Desa Cokrokembang 1.Pembagian kerja yang adil 2.Saling bertanggung jawab dalam rumah tangga 3.Saling mengerti dan memahami 4. Adanya transparasi dalam keluarga 5.Mengutamakan musyawarah. Adapun bentuk ketidakadilan yang masih terjadi yaitu adanya beban ganda pada perempuan. Serta adanya relasi gender sangat membantu dalam pembentukan keluarga sakinah, mawaddah, warrahmah. Akan tetapi hal tersebut tidak menentukan apakah keluarga tersebut sakinah, mawaddah, warahmah. Karena kunci dari kebahagian adalah rasa bersyukur dan bisa menerima dengan ikhlas apa yang dimiliki keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Muna Hayati, M.H.I.
Uncontrolled Keywords: Gender, Keluarga, Relasi Gender
Subjects: Hukum Keluarga
Gender
Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 01 Dec 2021 14:27
Last Modified: 01 Dec 2021 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47378

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum