PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS XI SMA/MA KURIKULUM MERDEKA

Agustin Setyaning, NIM.: 21104050044 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS XI SMA/MA KURIKULUM MERDEKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS XI SMA/MA KURIKULUM MERDEKA)
21104050044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS XI SMA/MA KURIKULUM MERDEKA)
21104050044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka menuntut pembelajaran berpusat pada peserta didik serta dapat mengembangkan keterampilan abad-21. Rendahnya keterampilan proses sains (KPS) yang dimiliki peserta didik pada tingkat SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta serta kesulitan dalam memahami materi fisika yang abstrak seperti termodinamika menjadi tantangan dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Penggunaan bahan ajar seperti e-modul fisika berbasis pendekatan saintifik dapat membantu untuk melatih keterampilan proses sains dengan melibatkan peserta didik dalam setiap kegiatan pembelajaran. E-modul dikembangkan sebagai bahan ajar interaktif dengan pendekatan ilmiah yang memanfaatkan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kualitas e-modul fisika berbasis pendekatan saintifik pada materi termodinamika kelas XI SMA/MA Kurikulum Merdeka, (2) Mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan e-modul fisika berbasis pendekatan saintifik pada materi termodinamika kelas XI SMA/MA Kurikulum Merdeka, (3) Mengetahui e-modul fisika berbasis pendekatan saintifik pada materi termodinamika kelas XI SMA/MA Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D, namun dibatasi pada tahap pengembangan (Develop) yaitu uji coba luas. Penelitian ini melibatkan 34 peserta didik pada uji terbatas dan 35 peserta didik pada uji luas kelas XI pada salah satu SMA Negeri di Bantul. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi instrumen, lembar validasi tes (pretest-posttest) keterampilan proses sains, lembar validasi produk, lembar penilaian produk, dan lembar respon peserta didik. Validasi dilakukan dengan memberikan kritik dan saran dari ahli instrumen sehingga diperoleh instrumen yang valid. Penilaian e-modul menggunakan skala Likert dengan 4 skala. Respon peserta didik menggunakan skala Guttman dengan 2 skala. Sedangkan, untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains menggunakan N-Gain berdasarkan hasil pretest-posttest peserta didik. Penelitian ini menghasilkan e-modul fisika berbasis pendekatan saintifik pada materi termodinamika untuk meningkatkan keterampilan proses sains kelas XI SMA/MA Kurikulum Merdeka. Hasil penilaian kualitas produk memperoleh kriteria Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata oleh ahli materi sebesar 3,6; ahli media sebesar 3,5; dan guru fisika sebesar 3,8. Respon peserta didik memperoleh skor rata-rata 0,97 dengan kriteria Setuju (S). Sedangkan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,40 yang menunjukkan adanya peningkatan keterampilan proses sains peserta didik pada kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Ari Cahya Mawardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: e-module; scientific approach; thermodynamics; science process skills; Merdeka Curriculum
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 07 Dec 2021 15:08
Last Modified: 18 Nov 2025 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47383

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum