PERATURAN GUBERNUR D.I YOGYAKARTA NOMOR 2 TAHUN 2013 TENTANG PEDOMAN VERIFIKASI DOKUMEN PERENCANAAN PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM PRESPEKTIF MAṢLAḤAH

Nor Arifah, NIM.: 17103070017 (2021) PERATURAN GUBERNUR D.I YOGYAKARTA NOMOR 2 TAHUN 2013 TENTANG PEDOMAN VERIFIKASI DOKUMEN PERENCANAAN PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM PRESPEKTIF MAṢLAḤAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERATURAN GUBERNUR D.I YOGYAKARTA NOMOR 2 TAHUN 2013 TENTANG PEDOMAN VERIFIKASI DOKUMEN PERENCANAAN PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM PRESPEKTIF MAṢLAḤAH)
17103070017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERATURAN GUBERNUR D.I YOGYAKARTA NOMOR 2 TAHUN 2013 TENTANG PEDOMAN VERIFIKASI DOKUMEN PERENCANAAN PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM PRESPEKTIF MAṢLAḤAH)
17103070017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Pergub DIY Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Pedoman Verifikasi Dokmen Perencanaan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum yang dianalisis menggunakan Maṣlaḥah dan Siyāsah Dustūriyyah. Sebelum melakukan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum perlu dilakukan verifikasi dokumen perencanaan pengadaan tanah yang diajukan kepada Gubernur. Penyusunan pergub ini juga didasarkan pada Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum. Seiring berkembangnya zaman dan meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia khususnya di Yogyakarta maka instansi banyak yang melakukan pengadaan tanah untuk kepentingan umum, sebagai langkah awal untuk melakukan pengadaan tanah maka dibuatlah Pergub DIY Nomor 2 Tahun 2013 tentang Pedoman Verifikasi Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum sebagai acuan awal melakukan pengadaan tanah. Pergub tersebut menjelaskan mengenai materi muatan dan mekanisme pelaksanaan verifikasi dokumen perencanaann pengadaan tanah. Instansi yang akan melakukan pengadaan tanah yang harus memperhatikan Rencana tata ruang wilayah dan kesesuaian prioritas pembangunan di Yogyakarta. Dalam penulisan skripsi ini, penyusun menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini pada umumnya dilakukan dengan cara tidak terjun ke lapangan dalam pencarian sumber datanya dan dapat dilakukan berdasarkan karya-karya tertulis. Sifat dari penelitian ini menggunakan deskriptifanalisis, yaitu penelitian dengan cara mengumpulkan data-data, kemudian mendeskripsikan, mengklarifikasi,dan menganalisis persoalan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti secara mendalam. Pendekatan dalam penulisan skripsi menggunakan Yuridis normatif Pendekatan yuridis normatif adalah pendekatan yang dilakukan berdasarkan bahan hukum utama dengan cara menelaah teori-teori, konsep-konsep, asas-asas hukum serta peraturan perundang– undangan yang berhubungan dengan penelitian Hasil penelitian menjelaskan bahwasanya pergub ini jika dianalisis menggunakan konsep maṣlaḥah pergub ini termasuk kedalam Maṣlaḥah almursalah, Maṣlaḥah al- Hâjȋyah dan Maṣlaḥah Al-‘Ammah. Jika ditinjau dari Siyāsah Dustūriyyah Pergub ini termasuk dalam siyāsah tasyrῑ’iyyah karena Pergub tersebut dibuat oleh ahl al-ḥâll wâ al-‘aqd seorang yang memiliki kewenangan untuk memutuskan dan menentukan suatu atas warga Negara disini kita sebut Gubernur. Pergub ini juga masuk kedalam salah satu prinsip dari Siyāsah Dustūriyyah yaitu prinsip Musyawarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. M. Nur, S.Ag.
Uncontrolled Keywords: Verifikasi Dokumen, Maṣlaḥah dan Siyasah Dusturiyyah
Subjects: Hukum Tata Negara
Islam dan Agraria/Pertanahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 01 Dec 2021 14:31
Last Modified: 01 Dec 2021 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47384

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum