Farahdiba Al Zahra, NIM.: 21104010015 (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI MENGATASI KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM BELAJAR AL QURAN (STUDI DI SMP NEGERI 3 SALAM, MAGELANG JAWA TENGAH). Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI MENGATASI KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM BELAJAR AL QURAN (STUDI DI SMP NEGERI 3 SALAM, MAGELANG JAWA TENGAH))
21104010015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (9MB) | Preview |
|
|
Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI MENGATASI KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM BELAJAR AL QURAN (STUDI DI SMP NEGERI 3 SALAM, MAGELANG JAWA TENGAH))
21104010015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam membaca al-Quran di SMP Negeri 3 Salam, Magelang, yang ditunjukkan oleh banyaknya peserta didik kelas VIII yang belum mampu membaca al-Quran dengan baik, bahkan ada yang belum mengenal huruf hijā’iyyah. Tidak adanya program khusus Baca Tulis Al-Quran (BTQ) di sekolah ini menyebabkan guru PAI menjadi satu-satunya pihak yang diandalkan dalam pembinaan kemampuan membaca al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesulitan belajar peserta didik dalam membaca al-Qur’an; dan menganalisis peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan tersebut di SMP Negeri 3 Salam, Magelang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah di SMP Negeri 3 Salam, Magelang, dengan subjek penelitian yaitu guru PAI dan peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk kesulitan belajar peserta didik dalam membaca al-Quran di SMP Negeri 3 Salam meliputi tidak mengenali huruf hijā’iyyah dan kesulitan dalam makhārijul ḥurūf; kesulitan menerapkan hukum bacaan, kesulitan dalam kelancaran membaca dan kurangnya rasa percaya diri, kurangnya dukungan orang tua dan lingkungan serta keterbatasan waktu pembelajaran di sekolah; dan kurangnya media pembelajaran interaktif serta perbedaan kemampuan peserta didik. (2) Peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan tersebut dilakukan melalui lima peran utama, yaitu sebagai educator, fasilitator, leader, motivator, dan evaluator.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs. Mujahid, M.Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | Guru PAI, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Al-Quran |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 01 Dec 2021 08:55 |
| Last Modified: | 11 Aug 2025 11:41 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47396 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
