IMPLEMENTASI ACTIVITY DAILY LIVING (ADL) BAGI SISWA TUNAGRAHITA SLB PUTRA MANDIRI KAWUNGANTEN DI MASA PANDEMI COVID-19

Nurul Khasanah, NIM.: 17102020066 (2021) IMPLEMENTASI ACTIVITY DAILY LIVING (ADL) BAGI SISWA TUNAGRAHITA SLB PUTRA MANDIRI KAWUNGANTEN DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI ACTIVITY DAILY LIVING (ADL) BAGI SISWA TUNAGRAHITA SLB PUTRA MANDIRI KAWUNGANTEN DI MASA PANDEMI COVID-19)
17102020066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI ACTIVITY DAILY LIVING (ADL) BAGI SISWA TUNAGRAHITA SLB PUTRA MANDIRI KAWUNGANTEN DI MASA PANDEMI COVID-19)
17102020066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tunagrahita memiliki permasalahan terkait intelektual yang biasanya berada di bawah rata-rata anak seusianya. Hal tersebut mempengaruhi kemandirian tunagrahita. Maka dari itu dibutuhkan program untuk mengembangkan kemandirian tersebut. Salah satunya yaitu dengan pelaksanaan Activity Daily Living (ADL). Pelaksanaan Activity Daily Living (ADL) secara tatap muka bukanlah suatu hal yang mudah. Dan pelaksanaannya saat ini mendapat tantangan baru karena dilaksanakan secara daring sesuai keputusan pemerintah terkait adanya pandemi covid-19. Maka dibutuhkan teknik yang tepat agar dapat memaksimalkan program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik-teknik implementasi Activity Daily Living (ADL) bagi siswa tunagrahita SLB Putra Mandiri Kawunganten di masa pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Dengan teknik tersebut didapat lima subjek penelitian yaitu tiga orang walisiswa dan dua orang guru kelas tunagrahita. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi teknik dengan metode analisis yaiu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat teknik implementasi Activity Daily Living (ADL) yang dapat dilaksanakan SLB Putra Mandiri Kawunganten di masa pandemi covid-19, yaitu teknik modeling, teknik prompting, teknik fading dan teknik shaping. Meskipun teknik fading belum sepenuhnya dapat dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : A. Said Hasan Basri, S,Psi., M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Activity Daily Living (ADL), Tunagrahita, Pandemi Covid-19.
Subjects: Bimbingan Konseling
Covid-19
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Dec 2021 09:40
Last Modified: 02 Dec 2021 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47429

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum