PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PRODUKSI OLAHAN PANGAN DI KELOMPOK WANITA TANI JASMINE NOLOGATEN, KAB SLEMAN, YOGYAKARTA

Lasmika Fauzi, NIM.: 17102030019 (2021) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PRODUKSI OLAHAN PANGAN DI KELOMPOK WANITA TANI JASMINE NOLOGATEN, KAB SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PRODUKSI OLAHAN PANGAN DI KELOMPOK WANITA TANI JASMINE NOLOGATEN, KAB SLEMAN, YOGYAKARTA)
17102030019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PRODUKSI OLAHAN PANGAN DI KELOMPOK WANITA TANI JASMINE NOLOGATEN, KAB SLEMAN, YOGYAKARTA)
17102030019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sektor pertanian di indonesia sangat penting terhadap pembangunan nasional karena mampu berkontribusi nyata dalam penyediaan pangan. Secara statistik ketersediaan pangan di indonesia sudah tercukupi, namun pada kenyataannya belum ada jaminan seluruh penduduk terjamin kebutuhan pangan. Langkah strategis untuk menanggulangi perihal ketahanan pangan adalah dengan pengembangan olahan pangan melalui proses pemberdayaan, yang bertujuan untuk memperkuat keadaan masyarakat yang lemah atau kurang berdaya. Perempuan saat ini sering di anggap lemah karena rentan terjebak dalam kontruk sosial, hal ini disebabkan faktor budaya. Menanggapi hal tersebut dibentuklah salah satu wadah pemberdayaan perempuan yaitu Kelompok Wanita Tani Jasmine Nologaten. kelompok ini melakukan berbagai macam kegiatan salah satunya adalah olahan pangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengenai tahapan dan hasil pemberdayaan perempuan melalui produksi olahan pangan di KWT Jasmine Nologaten. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan perempuan melalui produksi olahan pangan di kelompok wanita tani Jasmine Nologaten melalui lima tahapan yaitu pertama, melalui tahap penyadaran. Penyadaran ini dilakukan melalui kegiatan diskusi dan sosialisasi kepada ibu-ibu Padukuhan Nologaten. kedua, tahap perencanaan. Pada tahap ini dilakukan dengan melihat potensi dan sumber daya yanga ada. Ketiga, tahap pelaksanaan diawali dengan pelatihan keterampilan dan dikembangkan oleh masing-masing anggota. Keempat, tahap peningkatan kemampuan intelektual dan kecakapan keterampilan dilakukan dengan pengembangan usaha melalui promosi produk yang dihasilkan melalui catering Jasmine dan Pasar Tiban. Kelima, tahap evaluasi dilakukan untuk mengetahui kendala dan perkembangan program. Sedangkan hasil pemberdayaan ekonomi KWT Jasmine yaitu munculnya percaya diri dapat dilihat dari antusias mengikuti perlombaan, dapat memamfaatkan sumber daya yang ada dengan memafaatkan bahan dasar lokal, dapat berkontribusi dalam menambah pendapatan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Siti Syamsiyatun M.A. Ph.D
Uncontrolled Keywords: Olahan Pangan, Pemberdayaan, Perempuan
Subjects: Gender
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Dec 2021 10:25
Last Modified: 02 Dec 2021 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47437

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum