PENGAWASAN ISTITHA’AH KESEHATAN JEMAAH HAJI PRA KEBERANGKATAN HAJI MELALUI SISKOHATKES DI DINAS KESEHATAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2020

Aprilia Dwi Lestari, NIM.: 17012040003 (2021) PENGAWASAN ISTITHA’AH KESEHATAN JEMAAH HAJI PRA KEBERANGKATAN HAJI MELALUI SISKOHATKES DI DINAS KESEHATAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2020. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGAWASAN ISTITHA’AH KESEHATAN JEMAAH HAJI PRA KEBERANGKATAN HAJI MELALUI SISKOHATKES DI DINAS KESEHATAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2020)
17102040003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGAWASAN ISTITHA’AH KESEHATAN JEMAAH HAJI PRA KEBERANGKATAN HAJI MELALUI SISKOHATKES DI DINAS KESEHATAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2020)
17102040003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pokok permasalahan dalam penyusun ini adalalah jemaah haji di Indonesia jumlah kasus mencapai 161 ribu dengan lebih dari 1.300 kematian merupakan jemaah haji yang memiliki resiko tinggi. Resiko tinggi kesehatan yakni kondisi yang berisiko sakit atau meninggal dunia selama perjalanan ibadah haji, meliputi jemaah haji yang lanjut usia, jemaah haji penderita penyakit menular tertentu yang tidak boleh terbawa keluar dari Negara Indonesia. Oleh karenanya setiap jamaah haji perlu menyiapkan diri agar memiliki status kesehatan yang optimal. Salah satu upaya yang komprehensif dan terukur adalah dilakukan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan jamaah haji sebelum keberangkatan ke Arab Saudi oleh tim kesehatan haji di kabupaten/kota, sehingga mencapai kondisi istitha’ah kesehatan. Kondisi istitha’ah jemaah haji tersebut agar selalu terpantau, maka diperlukan pengawasan dari rangkaian kegiatan pengelolaan data kesehatan jemaah haji yang dilaksanakan sejak pemeriksaan kesehatan di puskesmas, pemeriksaan kesehatan di kabupaten/kota pra keberangkatan ke Arab Saudi secara real time dan terukur agar melakukan deteksi kesalahan dengan cepat dengan memasukan data melalui aplikasi puskesmas (Siskohat Bidang Kesehatan) dan dikirim (uploads) ke situs www.siskohatkes.net dengan koneksi internet. Pengawasan adalah suatu proses aktifitas yang diorganisir serta mengimplementasikan sesuai dengan target yang diharapkan. Dimana pengawasan istitha’ah kesehatan jemaah haji merupakan bagian proses pengujian untuk mengetahui apakah segala sesuatu dilaksanakan sesuai perencanaan dan sesuai perintah atau aturan yang ada, karena masih dijumpai jemaah haji tidak dapat diberangkatkan karena kondisi kesehatannya. Hal inilah yang menarik untuk dilakukan penelitian “Bagaimana pengawasan istitha’ah jemaah haji sebelum keberangkatan melalui SISKOHATKES di Dinas Kesehatan DIY Tahun 2020”. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggambarkan secara terperinci dan sesuai fakta di lapangan. Pengumpulan data melalui tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk mendapatkan keabsahan data yang ditampilkan menggunakan trianggulasi data. Sehingga menjawab kesimpulan dari masalah yang ditampilkan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengawasan istitha’ah kesehatan jemaah haji pra keberangkatan haji melalui siskohatkes yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan DIY telah berjalan dengan baik sesuai dengan tahapan-tahapan seperti melakukan perencanaan, langkah-langkah dan prosedur pengawasan. Namundemikian masih terdapat kendala yang dihadapi, seperti kesalahan memasukan data jemaah haji. Karena terlalu banyak data jemaah yang harus di input sehingga terjadi kesalahan atau keteledoran dalam memasukan data. Kendala tersebut dapat diatasi dengan melakukan tindakan koreksi dengan lebih teliti dalam memasukan data jemaah haji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Noor Hamid, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Siskohatkes, Istitha’ah Kantor Dinas Kesehatan DIY.
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Dec 2021 10:42
Last Modified: 02 Dec 2021 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47443

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum