UPAYA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA DALAM PELAYANAN, PEMBINAAN, DAN PERLINDUNGAN JEMAAH HAJI WAITING LIST KUOTA HAJI TAHUN 2020 PADA MASA PANDEMI COVID-19

Tri Ainun Jariyah, NIM.: 17102040018 (2021) UPAYA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA DALAM PELAYANAN, PEMBINAAN, DAN PERLINDUNGAN JEMAAH HAJI WAITING LIST KUOTA HAJI TAHUN 2020 PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA DALAM PELAYANAN, PEMBINAAN, DAN PERLINDUNGAN JEMAAH HAJI WAITING LIST KUOTA HAJI TAHUN 2020 PADA MASA PANDEMI COVID-19)
17102040018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA DALAM PELAYANAN, PEMBINAAN, DAN PERLINDUNGAN JEMAAH HAJI WAITING LIST KUOTA HAJI TAHUN 2020 PADA MASA PANDEMI COVID-19)
17102040018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia belum dapat dipastikan kapan akan berakhir, dengan adanya pandemi ini sangat berdampak pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020. Direktur Jenderal Penyelenggaraaan Haji dan Umrah Nizar mengatakan bahwa dalam rangka pemberangkatan jemaah haji tahun 2021, Kantor Kementerian Agama mempunyai tiga skema. Skema pertama jika Virus Covid-19 sudah tidak ada berarti sudah normal dan kuota normal, bedanya jemaah haji yang berangkat tahun 2020 akan diberangkatkan tahun 2021 dan sebaliknya, terkecuali mendapat kuota tambahan. Skema yang kedua dengan pembatasan yang asumsinya Covid-19 masih ada maka akan terjadinya pengurangan kuota. Jika diasumsikan berkurang 50% dari kuota saat ini tentunya akan adanya jemaah yang mundur keberangkatannya berakibat pula daftar tunggu yang semakin panjang. Skema yang ketiga, jika wabah Covid-19 bertambah parah tentunya akan ada penundaan pemberangkatan jemaah haji kembali. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimanakah upaya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Yogyakarta dalam pelayanan, bimbingan, dan perlindungan jemaah haji waiting list kuota hajii tahun 2020 pada masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran yang jelas mengenai upaya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Yogyakarta dalam memberi pelayanan, pembinaan, dan perlindungan jemaah haji waiting list kuota hajii tahun 2020 pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul dalam memberikan pelayanan, bimbingan dan perlindungan bagi Jemaah haji waiting list kuota haji tahun 2020 dimasa pandemi covid-19, adalah baik sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor. 8. Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mokhammad Nazili, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Jemaah Haji, Pembinaan dan Bimbingan Jemaah Haji, Perlindungan Jemaah Haji
Subjects: Covid-19
Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Dec 2021 10:46
Last Modified: 02 Dec 2021 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47444

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum