PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INTERNET DI KAMPOENG CYBER RT 36 TAMAN PATEHAN KRATON YOGYAKARTA

Saiful Hidayatullah, NIM 16230003 (2021) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INTERNET DI KAMPOENG CYBER RT 36 TAMAN PATEHAN KRATON YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INTERNET DI KAMPOENG CYBER RT 36 TAMAN PATEHAN KRATON YOGYAKARTA)
16230003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INTERNET DI KAMPOENG CYBER RT 36 TAMAN PATEHAN KRATON YOGYAKARTA)
16230003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan adalah salah satu usaha dalam membentuk kesejahteraan masyarakat. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan ini sebagai subjek perubahan sosial budaya untuk tercapainya masyarakat yang mandiri serta berbudaya dan memiliki jiwa nasionalis. Tujuan tulisan ini adalah menguraikan partisipasi masyarakat dalam pengembangan teknologi internet di Kampoeng cyber. Jenis peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif guna mendapatkan jawaban dari tujuan penelitian tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan oservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan pada penelitian ini meliputi pemerintah setempat, pendiri Kampoeng Cyber dan masyarakat Kampoeng Cyber yang ikut berpartisipasi pada pengembangan teknologi internet. Adapun hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa partisipasi masyarakat dalam pengembangan teknologi internet terdapat beberapa bentuk seperti partisipasi berupa buah pemikiran, tenaga, harta benda, keterampilan dan kemahiran, serta sosial. Sedangkan dampak yang dirasakan masyarakat dengan adanya teknologi internet meningkatnya pendapatan usaha masyarakat serta beberapa anak belum bisa membagi waktu dalam penggunaan internet. Penelitian ini menarik untuk diteliti lebih lanjut karena masyarakat secara guyub mengadakan pengadaan internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Aminah, S.Sos.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, dampak pengembangan teknologi internet
Subjects: Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Dec 2021 10:25
Last Modified: 02 Dec 2021 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47455

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum