ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI DAN MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN PURWOREJO

Fathin Azhari Wibowo, NIM.: 14680006 (2020) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI DAN MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI DAN MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN PURWOREJO)
14680006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI DAN MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN PURWOREJO)
14680006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep Biologi dan minat siswa terhadap pembelajaran Biologi pada siswa SMA Negeri di Kabupaten Purworejo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X dan XI SMAN 3 Purworejo, SMAN 5 Purworejo, SMAN 6 Purworejo, SMAN 7 Purworejo, SMAN 8 Purworejo, dan SMAN 9 Purworejo sebanyak 258 siswa. Data penelitian berupa skor nilai, angket minat dan hasil wawancara. Data hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman Biologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Purworejo dalam kategori baik dengan skor 69,6. Sedangkan untuk minat terhadap Biologi dalam kategori sedang 70%. Hasil uji Multivariat menunjukan pengaruh jenis kelamin terhadap pemahaman konsep dengan nilai Sig. 0,010 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara jenis kelamin terhadap pemahaman konsep. Pada pengaruh jenis kelamin terhadap minat didapati nilai Sig. 0,141 > 0,05 yang berarti tidak terdapat pengaruh signifikan antara jenis kelamin dengan minat Biologi. Sedangkan pada pengaruh tingkatan kelas terhadap pemahaman konsep dan minat masing-masing didapati nilai Sig. 0,042 dan Sig. 0,007 lebih kecil dari 0,05 (Sig. < 0,05) yang menandakan terdapat pengaruh signifikan antara tingkatan kelas terhadap pemahaman konsep dan minat Biologi. Siswa laki-laki cenderung memiliki pemahaman dan minat yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa perempuan. Siswa dengan tingkatan yang lebih tinggi yakni kelas XI memiliki pemahaman konsep yang lebih rendah dibandingkan kelas X, serta minat terhadap Biologi siswa kelas XI lebih rendah dibandingkan kelas X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Widodo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran biologi; makhluk hidup; animalia; minat siswa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Dec 2021 14:06
Last Modified: 10 Dec 2021 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47461

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum