PENGEMBANGAN MATERI IBADAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA BAGI MUALAF DI DESA DABAG CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN

Alni Fitriyani Kusuma Dewi, NIM.: 15410149 (2020) PENGEMBANGAN MATERI IBADAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA BAGI MUALAF DI DESA DABAG CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MATERI IBADAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA BAGI MUALAF DI DESA DABAG CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN)
15410149_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MATERI IBADAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA BAGI MUALAF DI DESA DABAG CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN)
15410149_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pemahaman agama Islam untuk mualaf harus diperhatikan, karena dengan berpindahnya agama dari nonIslam ke Islam sudah menjadi tanggung jawab mualaf untuk lebih memahami dan mempelajari tentang agama Islam. Oleh karena itu peneliti mengembangkan materi yang disampaikan hanya dengan ceramah dirubah menjadi satu buku. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pemahaman agama mualaf, bagaimana pengembangan materi yang disampaikan untuk mualaf, bagaimana dampak dari pengembangan materi ibadah untuk meningkatkan pemahaman agama bagi mualaf di desa Dabag Condong Catur Depk Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa Inggrisnya Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan: Pemahaman agama mualaf di Desa Dabag ini hanya sebatas tau dasarnya kurang mendalam dalam memahami agama Islam, seperti halnya menjalankan salat 5 waktu tetapi belum mengetahui rukun dan sunahnya dan materi yang disampaikan oleh pembimbing mualaf sudah baik, tetapi dengan hanya menggunakan metode ceramah mualaf banyak yang lupa dengan materi yang sudah diajarkan. Dengan dikembangkan materi ini menghasilkan sangat baik menurut ahli media dengan presentase keidealan 77% , sangat baik menurut ahli materi dengan presentase keidealan 94,8%, sangat baik menurut pembimbing mualaf dengan presentase keidealan 87,8% dan sangat baik menurut mualaf dengan presentase 97,7%. Adapun dampak dari pengembangan materi Ibadah untuk mualaf berupa modul adalah (1) Mualaf tertarik dengan modul karena Bahasa mudah dipahami, tampilan dan gambar modul yang menarik, (2) Mualaf lebih memahami tentang materi shalat, zakat, puasa dan haji, (3) Mualaf menjadi tau tentang syarat, rukun, hal-hal yang membatalkan shalat, yang setiap harinya dilakukan, (4) Mualaf dapat menerapkan materi yang sudah ada di modul dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat M.Si.
Uncontrolled Keywords: pengajian muallaf; Taman Pendidikan Alquran; pendidikan masyarakat
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Dakwah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Dec 2021 14:17
Last Modified: 10 Dec 2021 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47462

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum