INTEGRASI-INTERKONEKSI PEMBELAJARAN PAI DENGAN MUATANNYA PENDIDIKAN PANCASILA DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI I KOTA YOGYAKARTA

Muh Zaenal Abidin, NIM.: 15410184 (2020) INTEGRASI-INTERKONEKSI PEMBELAJARAN PAI DENGAN MUATANNYA PENDIDIKAN PANCASILA DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI I KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI-INTERKONEKSI PEMBELAJARAN PAI DENGAN MUATANNYA PENDIDIKAN PANCASILA DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI I KOTA YOGYAKARTA)
15410184_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI-INTERKONEKSI PEMBELAJARAN PAI DENGAN MUATANNYA PENDIDIKAN PANCASILA DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI I KOTA YOGYAKARTA)
15410184_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan yang seharusnya menjadi penyeimbang pengetahuan agar mempunyai relevansi terhadap perubahan di masyarakat saat ini masih di warnai dengan dikotomi dan dualisme antara pendidikan Agama dan pendidikan umum sehingga mengakibatkan cara pandang yang berbeda-beda. Pendidikan Agama Islam seharusnya mampu membawa peserta didik untuk tumbuh dan berkembang menjadi generasi cerdas berfikir, kreatif, dan berkepribadian Islami yang bermanfaat untuk individu maupun sosial. Problem ini yang menjadikan penulis tertarik untuk meneliti model penerapan dan bagaimana model pembelajaran dalam penerapan integrasi-interkoneksi pembelajaran PAI dengan muatannya Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn). Penelitian ini mengambil subjek penelitian pada peserta didik kelas III dan bertempat di SD Muhammadiyah Sokonandi 1. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model penerapan apa yang di gunakan dalam pembelajaran yang menerapkan integrasiinterkoneksi pembelajaran PAI dan mata pelajaran umum dan bagaimana model pembelajarannya di ruang kelas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif yang di sajikan dengan mendeskripsikan data. Pengumpulan data yang dilakukan penulis dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang penulis gunakan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran yang di terapkan di SD Muhammadiyah Sokonandi 1 Yogyakarta adalah model tematik. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan dapat memberikan solusi untuk mempertemukan kembali antara ilmu pengetahuan agama (PAI) dan ilmu pengetahuan umum. sehingga ilmu pengetahuan serta wawasan yang didapatkan oleh peserta didik bersifat seimbang. (2), model yang digunakan dalam pembelajaran di SD Muhammadiyah Sokonandi 1 Yogyakarta yaitu model informatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Integrasi-interkoneksi, PAI, PKn (Pendidikan Kewarganegaraan), Kelas III.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pancasila
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Dec 2021 14:40
Last Modified: 02 Dec 2021 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum