PENGEMBANGAN MEDIA JEMURAN HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA KELOMPOK A3 DI TK NURUL HUDA PEPEN CANDEN JETIS BANTUL

Utari Dian Rachmawati, NIM.: 15430032 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA JEMURAN HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA KELOMPOK A3 DI TK NURUL HUDA PEPEN CANDEN JETIS BANTUL. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA JEMURAN HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA KELOMPOK A3 DI TK NURUL HUDA PEPEN CANDEN JETIS BANTUL)
15430032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA JEMURAN HIJAIYAH UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA KELOMPOK A3 DI TK NURUL HUDA PEPEN CANDEN JETIS BANTUL)
15430032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan media jemuran hijaiyah sebagai sumber pembelajaran dalam membaca huruf hijaiyah pada kelompok A3 di TK Nurul Huda Pepen Canden Jetis Bantul, 2) Bagaimana validasi media jemuran hijaiyah sebagai sumber pembelajaran dalam membaca huruf hijaiyah pada kelompok A3 di TK Nurul Huda Pepen Canden Jetis Bantul, 3) Bagaimaa efektifitas media jemuran hijaiyah sebagai sumber pembelajaran dalam membaca huruf hijaiyah pada kelompok A3 di TK Nurul Huda Pepen Canden Jetis Bantul. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengembangan media jemuran hijaiyah sebagai sumber pembelajaran dalam membaca huruf hijaiyah pada anak kelompok A3 di TK Nurul Huda Pepen Canden Jetis Bantul, 2) Untuk mengetahui validasi media jemuran hijaiyah sebagai sumber pembelajaran membaca huruf hijaiyah pada kelompok A3 di TK Nurul Huda Pepen Canden Jetis Bantul, 3) Untuk mengetahui efektifitas media jemuran hijaiyah sebaai sumber pembelajaran membaca huruf hijaiyah pada kelompok A3 di TK Nurul Huda Pepen Canden Jetis Bantul. Jenis penelitian ini adalah RnD (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Adapun urutan dalam penelitian ini mencakup: Analysis merupakan tahap pengumpulan data berupa survey, observasi, dan wawancara, Design merupakan tahap merancang dan mengembangkan sebuah program pelatihan, Development adalah tahap pembuatan produk dan penilaian produk kepada dosen ahli, Implementation merupakan tahap uji coba lapangan, dan Evaluation merupakan tahap revisi dari hasil penilaian dan uji coba lapangan. Analisis data yang digunakan peneliti adalah pretest dan postest. Hasil penelitian dan pembahasan media pembelajaran jemuran hijaiyah adalah : 1) Proses pengembangan media pembelajaran jemuran hijaiyah dilakukan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation ) melalui tahapan analisis kebutuhan, observasi, wawancara, pembuatan instrumen penilaian produk, peninjauan oleh dosen pembimbing, dosen ahli, dan pendidik TK sebagai user, 2) Berdasarkan penilaian oleh ahli matrei menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran Sangat Baik (SB) dengan skor 43 dan persentase keidealan 86%. Berdasarkan penilaian oleh ahli media menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran jemuran hijaiyah Sangat Baik (SB) dengan skor 70 dan persentase keidealan 93%. Penilaian menurut pendidik TK sebagai user menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran jemuran hijaiyah Baik (B) dengan skor 94 dan persentase keidealan sebesar 75,2% dan hasil respon uji coba kepada peserta didik menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran jemuran hijaiyah Sangat Baik (SB) dengan skor 1250 dan persentase keidealan sebesar 83,3%. Berdasarkan hasil penilaian kualitas keseluruhan aspek maka produk media jemuran hijaiyah dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah ini dikatakan Layak dengan kategori Baik (B), 3) Efektifitas media pembelajaran jemuran hijaiyah diuji menggunakan pretets dan posttest, nilai pretest-posttest dianalisis menggunakan data yang diperoleh dari uji normalitas data dengan hasil signifikansi > 0,05, uji homogenitas dengan hasil >0,05, dan dengan uji paired sample t test diketahui nilai koefisien korelasi 0,914 dengan nilai signifikan 0,000. Kesimpulan hipotesis dalam penelitian ini merumuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena adanya perbedaan rata-rata pada saat melakukan pretest dan posttest dan media jemuran hijaiyah efektif digunakan dan diterapkan dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Hafidz Aziz, M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: Jemuran hijaiyah, Membaca, Huruf hijaiyah
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Dec 2021 14:46
Last Modified: 02 Dec 2021 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47467

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum