MEMBANGUN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PEMBIASAAN SEJAK USIA DINI DI RA INSAN MULIA GANJURAN BANTUL YOGYAKARTA

Nur Leni Sulis Tiyani, NIM.: 15430087 (2020) MEMBANGUN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PEMBIASAAN SEJAK USIA DINI DI RA INSAN MULIA GANJURAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEMBANGUN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PEMBIASAAN SEJAK USIA DINI DI RA INSAN MULIA GANJURAN BANTUL YOGYAKARTA)
15430087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MEMBANGUN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PEMBIASAAN SEJAK USIA DINI DI RA INSAN MULIA GANJURAN BANTUL YOGYAKARTA)
15430087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dalam membangun kemandirian peserta didik, bagaimana penerapan pembiasaan peserta didik dan bagaimana penerapan pembiasaan dalam membangun kemandirian peserta didik di RA Insan Mulia Ganjuran Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa informasi, tempat/peristiwa, dan dokumen/arsip. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancra, dan dokumentasi. Teknik pengambilan informasi adalah dengan wawancara. Untuk validitas data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Perkembangan kemandirian anak di RA Insan Mulia ganjuran bantul Yogyakarta setelah dilakukan penelitian adanya beberapa peserta didik yang belum dapat mandiri dan masih sangat tergantung pada orang tuanya.2. Penerapan pembiasaan anak di RA Insan Mulia ganjuran bantul yogyakarta dilakukan tidak hanya pembiasaan membaca surah pendek ataupun iqro’ , tetapi juga diterapkan pembiasaan untuk anak mandiri. 3. Perkembangan kemandirian anak melalui pembiasaan di RA Insan Mulia ganjuran bantul Yogyakarta pada dilakukan secra konsisten, tetapi ketika di rumah orangtua tidak melanjutkan menerapkan apa yang sudah dibiasakan disekolah sehingga menjadi salah satu penghambat terbentuknya anak yang mandiri. Setelah dilakukan penelitian dan ditemukannya faktor penghambat kemandirian anak, wali murid mencoba melakukan pembiasaan yang dilakukan di sekolah dan terbukti adanya perkembangan kemandirian anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr.Hj. Hibana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pembiasaan, Kemandirian Anak, Perkembangan Anak
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Dec 2021 14:53
Last Modified: 02 Dec 2021 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47469

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum