MODEL PEMBAHARUAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM MENURUT H. M. BASIUNI IMRAN DI KESULTANAN SAMBAS

Rahmaniatul Fithriyah, NIM.: 17204080021 (2021) MODEL PEMBAHARUAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM MENURUT H. M. BASIUNI IMRAN DI KESULTANAN SAMBAS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBAHARUAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM MENURUT H. M. BASIUNI IMRAN DI KESULTANAN SAMBAS)
17204080021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBAHARUAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM MENURUT H. M. BASIUNI IMRAN DI KESULTANAN SAMBAS)
17204080021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

H. M. Basiuni Imran merupakan salah satu Ulama besar yang dimiliki Kalimantan Barat, terkhusunya Sambas. Jabatannya sebagai seorang Maharaja Imam di Kesultanan Sambas membuat dirinya mempunyai kekuasaan dalam melakukan pembaharuan dengan tujuan memajukan dan mengembangkan kehidupan masyarakat muslim saat itu. Pembaharuan yang H. M. Basiuni Imran lakukan dianggap sebagai kemajuan dalam sistem pendidikan Islam, terutama pendidikan dasar di Sambas, Kalimantan Barat. Salah satu usaha dalam memperbaiki sistem pendidikan Islam di Sambas adalah dengan memperbaharui Madrasah As-Sulthaniyah menjadi sebuah lembaga pendidikan Tarbitoel Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi tokoh yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan eksploratif dan otobiografi. Ekploratif digunakan guna mengkaji sesuatu yang belum diketahui, belum difahami dan belum dikenal dengan baik, Sedangkan autobiografi dilakukan guna memahami tokoh H. M. Basiuni Imran berdasarkan tokoh lain yang memiliki disiplin ilmu yang sama maupun berbeda. Adapun sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Data primer diperoleh dari arsip milik Kesultanan Sambas dan arsip pribadi dari keluarga besar Basiuni Imran. Selain itu buku-buku beliau yang telah dicetak dan didapat di daerah Sambas dan sekitarnya. Sedangkan data sekunder penelitian ini adalah karya tulis lain tentang H. M. Basiuni Imran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembaharuan pendidikan yang dilakukan H. M. Basiuni Imran saat menjadi Maharaja Imam dilatar belakangi oleh situasi dan kondisi sosialkeagamaan dan sosial-politik yang ada di daerah Kesultanan Sambas saat itu. Pembaharuan yang dilakukan oleh H. M. Basiuni Imran dinilai fleksibel dan elastis serta unik, hal ini dapat kita kenali karena pengembangan pendidikan yang dilakukan oleh beliau merupakan pola sintesis, yakni mempertemukan corak pendidikan pondok (Islam) dengan corak pendidikan kolonial atau barat. Pola pembaharuan yang beliau gunakan tergantung dengan kondisi sosial politik saat itu. Pola pembaharuan yang dilakukan oleh H. M. Basiuni Imran bersifat tidak kaku dan dapat disesuaikan dengan kondisi di Kesultanan Sambas saat itu.Pembaharuan yang dilakukan H. M. Basiuni Imran terfokus pada komponen pendidikan Islam seperti tujuan pendidikan, metode pendidikan, pendidik, peserta didik dan yang paling tampak adalah dalam aspek kurikulum yang berupa mata pelajaran atau materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembaharuan Islam, Pembaharuan Pendidikan, Pendidikan Dasar Islam
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 06 Dec 2021 10:22
Last Modified: 06 Dec 2021 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47514

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum