EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI DAERAH YANG KETERBATASAN AKSES INTERNET (Studi Kasus di MTs YPPI Wonorejo)

Muhammad Ruston Nawawi, NIM.: 17204080024 (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI DAERAH YANG KETERBATASAN AKSES INTERNET (Studi Kasus di MTs YPPI Wonorejo). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI DAERAH YANG KETERBATASAN AKSES INTERNET (Studi Kasus di MTs YPPI Wonorejo))
17204080024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI DAERAH YANG KETERBATASAN AKSES INTERNET (Studi Kasus di MTs YPPI Wonorejo))
17204080024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Keterbatasan Akses Internet menjadi suatu problem dalam berlangsungnya proses pembelajaran online. Sehingga menjadi landasan kuat untuk dikaji dan diteliti agar nantinya dapat menemukan solusi yang terbaik dalam pelaksanaan maupun pemberlakuan suatu kebijakan yang harus di sesuaikan dengan kondisi daerah yang ada. Pembelajaran online yang efektif mungkinkah sudah diterapkan, walapun dihadapkan dengan berbagai keterbatasan yang ada namun usaha dalam memberikan yang terbik untuk seluruh siswa adalah langkah kongkrit. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, guna mendeskripsikan hasil penelitin yang sesuai dengan kodisi di tempat penelitian. Dengan tiga pokok pembahasan terkait efektivtas pembelajaran online, penerapan pembelajaran online dan Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran online. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran online yang saat ini dilakukan di MTs YPPI Wonorejo masih belum efektif. Fasilitas penunjang pembelajaran online sangatlah minim, ditambah lagi sulitnya akses internet yang ada di daerah penelitian. Penerapan pembelajaran online yang dilakukan yaitu dengan pemberian tugas via whattsapp group, siswa yang memiliki android dimasukan dalam satu group kelas yang di moderatori oleh para guru. Bagi siswa yang tidak memiliki android juga bisa mencantumkan whattsapp orang tuanya ataupun saudara terdekat yang sekiranya bisa menyampaikan informasi terkait penugasan yang diberikan oleh guru. Kemudian bagi siswa yang dalam satu rumah tidak memiliki hanphone yang bisa mengakses aplikasi whattsapp group mereka juga harus mencari informasi dengan bertanya teman

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerepan pembelajaran online, efektivitas pembelajaran, dan Keterbatasan akses internet.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 06 Dec 2021 10:28
Last Modified: 06 Dec 2021 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47516

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum