PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN BERBASIS RELATIONSHIP MARKETING DAN EMOTIONAL BRANDING DI C2O LIBRARY AND COLLABTIVE

Fina Maulidina, S.Ptk, NIM: 18200010137 (2021) PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN BERBASIS RELATIONSHIP MARKETING DAN EMOTIONAL BRANDING DI C2O LIBRARY AND COLLABTIVE. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN BERBASIS RELATIONSHIP MARKETING DAN EMOTIONAL BRANDING DI C2O LIBRARY AND COLLABTIVE)
18200010137_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN BERBASIS RELATIONSHIP MARKETING DAN EMOTIONAL BRANDING DI C2O LIBRARY AND COLLABTIVE)
18200010137_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengelolaan perpustakaan yang dilakukan di perpustakaan swadaya kecil bernama C2O Library and Collabtive dengan berbasis relationship marketing dan emotional branding. Konsep yang diharapkan mampu mengelola perpustakaan dan menciptakan sebuah hubungan yang saling menguntungkan. Selain itu, terdapat dua pendekatan yaitu marketing dan pendekatan psikologis. Terdapat beberapa rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian, yaitu mengapa pengelolaan perpustakaan di C2O Library and Collabtive menggunakan relationship marketing? Lalu bagaimana mengelola perpustakaan C2O berbasis konsep relationship marketing? dan bagaimana membentuk emotional branding pada pengelolaan perpustakaan yang dilakukan oleh C2O Library and Collabtive?. Metode yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan marketing dan psikologis. Dengan Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa, Pengelolaan perpustakaan di C2O Library and Collabtive berbasis relationship marketing mampu mengembangkan jaringan organisasi dan individu lokal-nasional-internasional dan membangun komunitas yang loyal pada perpustakaan C2O, dengan empat pilar yaitu mengenali pelanggan secara personal, memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk berinteraksi, memberikan pengalaman yang menarik bagi pelanggan, dan memberikan pelayanan personal kepada pelanggan. Sedangkan pengelolaan perpustakaan berbasis emotional branding, yang dilakukan oleh staf C2O Library and Collabtive dalam membina hubungan baik dan menciptakan kedekatan secara emosional dengan pemustaka; pertama, Staf perpustakaan C2O selalu menyapa lebih dulu dengan senyum; kedua, mengenali wajah dan mencoba untuk terus mengingat kemudian menyebut namanya setelah berkenalan dengan pemustaka; ketiga, mengetahui dan memahami informasi yang sering dibutuhkan pemustaka; keempat, membangun kesan bahwa staff perpustakaan C2O akan selalu siap membantu setiap kesulitan; kelima, staff perpustakaan C2O sangat senang berkomunikasi guna memberi peluang untuk pemustaka terbuka dalam memberikan pendapat dan saran yang ingin disampaikan; keenam, staff perpustakaan C2O dapat menjadi pendengar yang baik bagi pemustaka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Roma Ulinnuha, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan perpustakaan, relationship marketing dan emotional branding
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Dec 2021 11:13
Last Modified: 06 Dec 2021 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47525

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum