MANAJEMEN PROGRAM SOFT SKILL DI SMP ARSYADA BOGOR

ZAHRAH HUSNA, NIM: 15490003 (2020) MANAJEMEN PROGRAM SOFT SKILL DI SMP ARSYADA BOGOR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PROGRAM SOFT SKILL DI SMP ARSYADA BOGOR)
15490003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PROGRAM SOFT SKILL DI SMP ARSYADA BOGOR)
15490003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap perkembangan era revolusi industri yang berdampak pada bergesernya kompetensi yang dibutuhkan di masyarakat. Salah satunya adalah kualitas soft skill, sehingga dunia pendidikan yang berperan dalam mencetak generasi yang berkualitas juga perlu berinovasi untuk menekankan pengembangan aspek soft skill dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen program soft skill di SMP Arsyada. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang berlatar belakang di SMP Arsyada Bogor. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program soft skill di SMP Arsyada terdiri dari kegiatan tazkiah, tahfidz, dan tamyiz. (1) manajemen program soft skill di SMP Arsyada meliputi: (a) Perencanaan kegiatan soft skill di SMP Arsyada terletak dalam rapat besar di awal tahun ajaran, yang membahas tentang pengelolaan kegiatan secara keseluruhan (b) Pengorganisasian kegiatan antara lain berupa jadwal pelaksanaan kegiatan, tempat pelaksanaan, pengampu kegiatan, pembagian kelompok belajar, dan alat bantu pembelajaran. (c) Pelaksanaan kegiatan tazkiah berupa sholat dhuha dilanjutkan dengan membaca doa dan dzikir bersama-sama. Kegiatan tahfidz berupa tambahan hafalan dengan metode talaqqi maupun mandiri, dan setoran hafalan. Kegiatan tamyiz berupa review materi dan penambahan materi, yang dilakukan dengan melantunkan ‘mantra’, yakni materi yang dilagukan sehingga siswa dapat lebih mudah menerima materi pembelajaran. (d) Pengawasan kegiatan program soft skill di SMP Arsyada terdiri atas monitoring dan evaluasi. Monitoring dilakukan oleh pengampu kegiatan dalam pertemuan sehari-hari, untuk mendalami sejauh mana kemampuan belajar siswa. Evaluasi dilakukan dalam kurun waktu tertentu, antara lain dalam wujud Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). (2) Kegiatan program soft skill di SMP Arsyada telah berjalan dengan baik dan mencapai target pembelajaran, serta menumbuhkan aspek soft skill dalam diri siswa. (3) Aspek soft skill yang dikembangkan dalam kegiatan program soft skill di SMP Arsyada adalah kecakapan pribadi yang mencakup kesadaran diri, pengaturan diri, dan motivasi, dan kecakapan sosial yang mencakup empati dan keterampilan sosial. (4) Faktor pendukung dalam program soft skill antara lain pembagian kelompok belajar pada kegiatan tamyiz kelas VII sehingga pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan kondusif. Faktor penghambat dalam program soft skill antara lain waktu pelaksanaan dan durasi yang terbatas, sumber daya pengajar yang terbatas keterbatasan alat dukung pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Program, Soft Skill
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Dec 2021 12:51
Last Modified: 06 Dec 2021 12:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47530

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum