ANALISIS CARA MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA TULI KELAS VII SLB NEGERI 1 BANTUL

Dewi Inayatul Hanim, NIM. 15600017 (2020) ANALISIS CARA MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA TULI KELAS VII SLB NEGERI 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS CARA MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA TULI KELAS VII SLB NEGERI 1 BANTUL)
15600017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS CARA MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA TULI KELAS VII SLB NEGERI 1 BANTUL)
15600017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan cara siswa Tuli kelas VII SLB Negeri 1 Bantul dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini disebabkan karena pelajaran matematika dalam pendidikan pada umumnya merupakan pelajaran yang cenderung tidak diminati oleh siswa karena siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini memberikan keunikan sendiri bagi siswa Tuli dalam cara mereka menyelesaikan masalah matematika. Untuk dapat menyelesaikan masalah diperlukan langkah-langkah atau strategi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan langkah-langkah yang dirumuskan oleh Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melakukan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa Tuli kelas VII SLB Negeri 1 Bantul tahun ajaran 2019/2020. Prosedur penelitian terdiri dari: 1) tahap awal penelitian, yaitu mempersiapkan instrumen yang hendak digunakan pada saat penelitian, konsultasi kepada dosen pembimbing, dan kemudian divalidasi untuk menguji kelayakannya.; 2) tahap proses penelitian yaitu dimana instrumen tersebut dinyatakan telah valid, kemudian instrumen soal tes diujikan, observasi dilakukan, dan dilaksanakan wawancara; serta 3) tahap akhir penelitian dimana peneliti menganalisis data soal tes, menganalisis pedoman observasi, serta menganalisis pedoman wawancara untuk melihat bagaimana cara siswa Tuli dalam menyelesaikan masalah matematika, kemudian menarik kesimpulan dari hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa Tuli tidak semuanya mampu memahami masalah menggunakan bahasa sendiri. Serta siswa Tuli lebih mudah memahami masalah dengan bantuan gambar, seperti soal tes materi FPB pada nomor 1 dalam penelitian ini, dimana gambar pensil dan buku tulis pada soal nomor 1 menyesuaikan jumlah yang diketahui. Peneliti juga menemukan permasalahan internal dan eksternal, permasalahan internal yang peneliti temukan yaitu dimana diketahui bahwa siswa tuli memiliki masalah pada pendengaran yang mengakibatkan siswa sulit mendengar dan kurang memiliki pemahaman bahasa matematika, sehingga membutuhkan alat bantu dengar. Sedangkan permasalahan eksternal yang peneliti temukan yaitu suasana kelas kurang kondusif dimana kelas VII yang peneliti lakukan penelitian hanya berbatas sekat papan tulis dengan siswa kelas VI sehingga mengakibatkan siswa suka berjalan dan bermain di kelas sebelah saat jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Siswa Tuli, Menyelesaikan Masalah Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Dec 2021 13:00
Last Modified: 06 Dec 2021 13:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47532

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum