INTEGRASI MATERI SIAGA BENCANA DALAM MATA PELAJARAN PAI SD MUHAMMADIYAH INSAN KREATIF KEMBARAN BANTUL TAHUN 2020

Chaamid Nur Fajri, NIM. 16410095 (2020) INTEGRASI MATERI SIAGA BENCANA DALAM MATA PELAJARAN PAI SD MUHAMMADIYAH INSAN KREATIF KEMBARAN BANTUL TAHUN 2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI MATERI SIAGA BENCANA DALAM MATA PELAJARAN PAI SD MUHAMMADIYAH INSAN KREATIF KEMBARAN BANTUL TAHUN 2020)
16410095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI MATERI SIAGA BENCANA DALAM MATA PELAJARAN PAI SD MUHAMMADIYAH INSAN KREATIF KEMBARAN BANTUL TAHUN 2020)
16410095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa negara Indonesia merupakan negara yang memiliki kerentanan bencana tinggi. Hal ini disebabkan letak negara Indonesia yang secara geografis berada di pertemuan tiga lempeng dunia. Selain kondisi geografis Indonesia, kondisi sosiologis Indonesia juga terdiri dari berbagai macam suku, agama, dan ras. Hal tersebut selain menjadi kelebihan bangsa Indonesia, juga menjadi ancaman apabila ada golongan yang tidak menjunjung toleransi. Dari kondisi tersebut, Indonesia memiliki kerentanan dari sisi bencana alam maupun nonalam. Pendidikan Agama Islam yang memiliki dasar-dasar keagamaan memiliki peran untuk turut dalam usaha mitigasi bencana yang mungkin terjadi. SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran sebagai salah satu Sekolah yang menerapkan Sekolah Aman Bencan berusaha menjalankan mitigasi bencana yang terintegrasi dalam mata pelajaran termasuk di dalamnya mata pelajaran PAI. Hal tersebut menginspirasi penulis untuk melakukan penelitian tentang pelaksanaan integrasi materi siaga bencana dalam mata pelajaran PAI yang ada di SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap konsep materi siaga bencana yang dapat diintegrasikan dalam mata pelajaran PAI, pelaksanaannya, dan hal-hal yang menjadi pendukung dan penghambat integrasi tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini, penulis mendapatkan hasil berupa: 1) Secara konsep, integrasi materi siaga bencana dalam mata pelajaran PAI masih belum matang. 2) Dari konsep yang belum selesai itu, integrasi materi siaga bencana dalam mata pelajaran PAI belum dapat dilaksanakan. 3) Faktor pendukung terdiri dari tiga faktor, yaitu: pengalaman dalam pengintegrasian materi siaga bencana dengan mata pelajaran tematik, memiliki banyak pihak yang bisa diajak bekerja sama, dan faktor lingkungan yang mendukung. 4) Faktor penghambat terlaksananya integrasi materi siaga bencana dalam mata pelajaran PAI adalah terjadinya pergantian guru PAI, minimnya pemahaman tentang program PRB, minimnya sosialisasi dari pemerintah tentang program Satuan Pendidikan Aman Bencana, dan minimnya informasi tentang integrasi materi siaga bencana dalam mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, M.A
Uncontrolled Keywords: SPAB, bencana, PRB, Pendidikan bencana
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Dec 2021 13:08
Last Modified: 06 Dec 2021 13:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47534

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum