PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK TUNA GRAHITA MELALUI KEGIATAN HASTA KARYA TKLB C NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Atik Khunaefah, NIM.: 16430032 (2020) PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK TUNA GRAHITA MELALUI KEGIATAN HASTA KARYA TKLB C NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK TUNA GRAHITA MELALUI KEGIATAN HASTA KARYA TKLB C NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)
16430032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK TUNA GRAHITA MELALUI KEGIATAN HASTA KARYA TKLB C NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)
16430032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi, anak tunagrahita merupakan anak yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata dan mengalami gangguan dalam mengatasi masalahnya dalam kehidupan sehari-hari. Tunagrahita memiliki gangguan yang tidak bisa disembuhkan namun dapat dikurangi gejalanya, karena jika dibiarkan hal ini tidak baik bagi perkembangan anak dimasa mendatang sehingga hal ini perlu diatasi sejak dini. Kegiatan hasta karya menjadi salah satu solusi untuk mengatasi anak yang memiliki kecerdasan dibawah rata-rata. Kegiatan hasta karya diberikan oleh guru kelas untuk mengasah kreativitas anak. Anak tunagrahita memiliki kecerdasan dibawah rata-rata sehingga tidak mudah dalam memberikan kegiatan hasta karya. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian bagaimana proses mengembangkan kreativitas anak tunagrahita melalui hasta karya usia TK dan apa saja faktor pendukung dan pendukung mengembangkan kreativitas anak tunagrahita usia TK. Tujuan penelitian ini adalah mengambarkan dan mencari makna mengenai bagaimana mengembangkan kreativitas anak tunagrahita melalui hasta karya, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas anak tunagrahita melalui hasta karya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. xi Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) mengembangkan kreativitas di TKLB C Negeri Pembina Yogyakarta dengan model mengembangkan inklusi penuh (full inclusion) dibawah pengawasan guru kelas. RPP yang digunakan dalam mengembangkan menggunakan RPP umumnya dan RPP individual. Proses pendampingan mengembangkan yang dilakukan guru menggunakan model mengembangkan individual, dalam proses mengembangkanya, terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (2) Faktor pendukung dalam mengembangkan kreativitas yaitu sarana dan prasarana, alat peraga, tenaga pendidik/guru, pemberian tugas kepada peserta didik, memberikan motivasi berupa pujian, dan dukungan dari orang tua. Faktor penghambat dalam mengembangkan kreativitas yaitu anak hiperaktif mengoda temannya, guru kurang inovatif dalam menyampaikan materi, kesibukan orang tua misalnya males mengantar kesekolah, lingkungan di kelas kurang kondusif, anak sering tidak masuk kelas, keterbatasan alat peraga, dan anak yang ngambek atau malas belajar dan membangkitkan minat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Anak Tunagrahita, Hasta Karya, Anak Usia Dini
Subjects: DISABILITAS
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Dec 2021 10:43
Last Modified: 07 Dec 2021 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47564

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum