PROGRAM PENANAMAN DISIPLIN PADA SISWA MTs NUR IMAN MLANGI YOGYAKARTA

Ala Asmaul Khusna, NIM.: 17104010110 (2020) PROGRAM PENANAMAN DISIPLIN PADA SISWA MTs NUR IMAN MLANGI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM PENANAMAN DISIPLIN PADA SISWA MTs NUR IMAN MLANGI YOGYAKARTA)
17104010110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM PENANAMAN DISIPLIN PADA SISWA MTs NUR IMAN MLANGI YOGYAKARTA)
17104010110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa MTs Nur Iman Mlangi Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan agama berbasis pesantren yang memiliki program penanaman disiplin pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan program, hasil, dan faktor pendukung serta penghambat penanaman disiplin pada siswa di MTs Nur Iman Mlangi Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi lapangan di MTs Nur Iman Mlangi Yogyakarta. Subjek penelitian yaitu Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Wali Kelas dan perwakilan siswa kelas VII, VIII, dan IX. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Program penanaman karakter disiplin pada siswa MTs Nur Iman Mlangi Yogyakarta yaitu dengan menerapkan unsur-unsur disiplin seperti peraturan; tata tertib madrasah, hukuman, kebiasaan; ekstrakurikuler wajib dan kegiatan rutin, keteladanan guru, ganjaran atau penghargaan, dan konsistensi; dalam penegakan hukuman. (2) Hasil dari program penanaman disiplin pada siswa bagi MTs Nur Iman Mlangi Yogyakarta sudah baik yaitu madrasah mendapatkan kepercayaan oleh masyarakat atas perilaku disiplin siswa di berbagai hal walaupun belum maksimal namun dari madrasah terus diupayakan. (3) Faktor pendukung dalam penerapan program penanaman disiplin pada siswa MTs Nur Iman Mlangi Yogyakarta adalah lokasi pondok pesantren sebagai asrama siswa yang tidak jauh sehingga memudahkan kerjasama yang baik antar madrasah dan pondok pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang pondok pesantren yang berbeda dan kurangnya kesadaran serta keteladanan dari teman-teman sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Program Penanaman Disiplin, Madrasah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Dec 2021 10:49
Last Modified: 07 Dec 2021 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47565

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum