MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN KITAB JURUMIYAH (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR DAN PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYAH YOGYAKARTA)

Ihdatul Hidayah, NIM : 18204021024 (2021) MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN KITAB JURUMIYAH (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR DAN PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYAH YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN KITAB JURUMIYAH (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR DAN PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYAH YOGYAKARTA))
18204021024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN KITAB JURUMIYAH (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR DAN PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYAH YOGYAKARTA))
18204021024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penilaian pembelajaran yang dilakukan di pondok pesantren baru pada tahap penulisan soal dan skoring, belum sampai tahap perencanaan. Hal demikian bertolak belakang dengan teori langkah-langkah penilaian pembelajaran yakni melakukan perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Itulah sebabnya fokus penelitian ini adalah bagaimana sesungguhnya aktivitas perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut dalam penilaian pembelajaran melalui kitab jurumiyah di dua pondok pesantren besar Yogyakarta yakni, pondok pesantren Al-Munawwir dan pondok pesantren Al-Luqmaniyah. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa: pertama, dalam kegiatan perencanaan penilaian, pengajar jurumiyah di PP Al-Munawwir dan PP Al-Luqmaniyah telah melaksanakan tahapan-tahapan perencanaan penilaian, meski ada beberapa tahapan yang terlewat karena beberapa faktor. Kedua, dalam kegiatan pelaksanaan, pengajar jurumiyah di PP Al-Munawwir dan PP Al-Luqmaniyah telah melaksanakan data administratif terkait pelaksanaan ujian. Ketiga, dalam kegiatan tindak lanjut, pengajar Jurumiyah di PP Al-Munawwir dan PP Al-Luqmaniyah telah melaksanakan kegiatan skoring dengan model evaluasi yang berbeda. PP Al-Munawwir menskor peserta ujian berlandaskan 2 aspek, yaitu presensi kehadiran dan nilai ujian akhir, dengan hasil ada 10 santri yang tidak lulus sesuai standar nilai minimal dari 38 santri yang ikut ujian. Sedangkan pengajar jurumiyah di PP Al-Luqmaniyah menskor peserta ujian berlandaskan 3 aspek, yakni nilai ujian akhir, nilai sorogan, dan nilai kuis harian, dengan hasil ada 8 santri yang tidak lulus standar nilai minimal dari 27 santri yang ikut ujian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Abdul Munip, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Penilaian Kitab Jurumiyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Dec 2021 11:15
Last Modified: 08 Dec 2021 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47577

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum