KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA AKIBAT BULLYING VERBAL DI SMP NEGERI 2 NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

Rahmadyah Dewi Pangesti, NIM.: 16220006 (2021) KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA AKIBAT BULLYING VERBAL DI SMP NEGERI 2 NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA AKIBAT BULLYING VERBAL DI SMP NEGERI 2 NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
16220006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA AKIBAT BULLYING VERBAL DI SMP NEGERI 2 NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
16220006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bullying kata yang tidak asing di telinga kita dan sering kita jumpai dimana saja terutama di sosial media (sosmed) dalam dunia sosmed orang menyebutnya dengan kata “netizen” satu kata yang menakutkan. Netizen adalah orang yang suka mengkrikitik sesuka hati mereka menggunakan bahasa sesuka hati mereka tanpa memperdulikan pengguna sosmed lain dengan kata lain bisa disebut pelaku bullying verbal. Kita sudah memasuki dunia digital dimana anak-anak melakukan kegiatan sekolah menggunakan tehnologi yang di sebut HP. Penggunaan HP diusia anak-anak sudah seharusnya di control oleh orang tuanya karena anak-anak sedang dalam masa labil yang mengungkapkan amarahnya dalam sosmed yang terkadang membuat tersinggung orang lain tanpa sengaja sehingga menyebabkan cekcok yang bias membuat dampak pada kepercayaan diri anak di kemudian hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap subjek dan objek SMP Negeri 2 Ngemplak Sleman Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah koordinator BK, guru BK kelas 8, wali kelas 8A dan 8E serta 2 siswa, sedangkan untuk objeknya adalah tahapan konseling individu yang dilakukan guru untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa akibat bullying verbal. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa tahapan konseling individu yang dilakukan dalam meningkatkan kepecayaan diri siswa akibat bullying verbal di SMP Negeri 2 Ngemplak Sleman Yogyakarta memiliki 5 tahapan yaitu 1) tahapan perencanaan adalah langkah awal dalam pelaksanaan konseling individu, 2) tahapan pelaksanaan adalah tahapan yang dilakukan setelah tahap perencanaan selesai, 3) tahapan evaluasi untuk mengetahui ketercapaian pelaksaan konseling individu, 4) tahapan tindak lanjut untuk memantau progam yang dirancang sebelumnya dan 5) tahapan laporan bisa dalam bentuk tulisan maupun lisan dalam menyampaikan hasilnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Abdullah, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Kepercayaan Diri, Bullying Verbal
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Bimbingan Konseling
Psikologi > Psikologi Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:24
Last Modified: 03 Jan 2022 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47608

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum