BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB ABCD SUTA WIJAYA TANCEP NGAWEN GUNUNGKIDUL

Amalia Septiani, NIM.: 17102020085 (2021) BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB ABCD SUTA WIJAYA TANCEP NGAWEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB ABCD SUTA WIJAYA TANCEP NGAWEN GUNUNGKIDUL)
17102020085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB ABCD SUTA WIJAYA TANCEP NGAWEN GUNUNGKIDUL)
17102020085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa tundaksa yang memiliki keterbatasan fisik sehingga dalam melakukan kegiatan kesehariannya masih bergantung dengan orang lain. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tujuan bimbingan pribadi untuk meningkatkan kemandirian pada anak tunadaksa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini subjek diambil secara purposive sampling yaitu satu guru pembimbing, dua orangtua, dan dua siswa tunadaksa. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk menguji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan metode analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tujuh tujuan bimbingan pribadi untuk meningkatkan kemandirian pada anak tunadaksa di SLB ABCD Suta Wijaya yaitu memiliki kesadaran diri, mempunyai sifat positif, dapat membuat pilihan secara sehat, dapat menghargai orang lain, memiliki rasa tanggung jawab, mengembangkan keterampilan hubungan antar pribadi dan dapat menyelesaikan konflik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : A.Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Anak Tunadaksa, Bimbingan Pribadi, dan Orangtua Anak Tunadaksa
Subjects: Bimbingan Konseling
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:25
Last Modified: 03 Jan 2022 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47615

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum