POLA PERILAKU KONSUMTIF PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA SIDOAGUNG KEPANEWONAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN

Ani Lestari, NIM.: 17102050038 (2021) POLA PERILAKU KONSUMTIF PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA SIDOAGUNG KEPANEWONAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA PERILAKU KONSUMTIF PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA SIDOAGUNG KEPANEWONAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN)
17102050038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (POLA PERILAKU KONSUMTIF PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA SIDOAGUNG KEPANEWONAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN)
17102050038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pola perilaku konsumtif merupakan pola pembelian serta pemenuhan kebutuhan yang lebih menekankan keinginan daripada kebutuhan dan cenderung dikuasi oleh hasrat dan kesenangan semata. Hal tersebut seolah-olah untuk menunjang gengsi, mengikuti mode dan lain sebagainya dengan alasan yang kurang krusial. Perilaku konsumtif bisa terjadi oleh semua kalangan, dari kalangan atas, menengah, hingga bawah. Tak sedikit pun keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) yang berperilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola perilaku konsumtif dan menganalisis faktor perilaku konsumtif pada keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) di Dusun Jowah Desa Sidoagung Kepanewonan Godean Kabupaten Sleman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perilaku konsumtif dan Program Keluarga Harapan. Sedangkan jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, adapun teknik yang di gunakan dalam pengumupulan data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu 5 keluarga penerima manfaat PKH, dan 4 informan pendukung. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah pola perilaku konsumtif yang dilakukan oleh keluarga penerima manfaat PKH di dusun Jowah Sidoagung Godean Sleman berupa membeli produk karena hadiah; membeli produk karena untuk menjaga penampilan diri dan gengsi; membeli barang dengan pertimbangan harga; membeli barang hanya untuk menjaga simbol status di masyarakat; adanya iklan dan promosi; membeli produk sama namun beda merk. Selain itu faktor yang mempengaruhi yakni membeli barang karena adanya faktor kebudayaan hal tersebut di lakukan saat ada momen perayaan hari raya idul fitri; faktor keluarga; kelompom referensi; dan faktor diri sendiri/trend. Dengan hasil temuan tersebut maka, temuan ini bisa untuk memberikan gambaran dalam praktik pekerjaan sosial untuk melakukan upaya-upaya seperti pemberdayaan bagi keluarga penerima manfaat PKH. Pemberdayaan tersebut bisa berupa intervensi terkait mengubah perilaku seseorang. selain itu juga bisa berupa bagaimana cara pengelolaan keuangan, keluarag penerima manfaat PKH agar bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, agar bisa menabung dan tidak konsumtif ataupun boros.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khotibul Umam, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pola Perilaku, Konsumtif, PKH.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Masalah Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:26
Last Modified: 03 Jan 2022 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47621

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum