IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL DHAKON TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-IMAN 1 KOTA MAGELANG

Eca Gesang Mentari, NIM :17204030011 (2019) IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL DHAKON TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-IMAN 1 KOTA MAGELANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL DHAKON TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-IMAN 1 KOTA MAGELANG)
17204030011_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL DHAKON TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-IMAN 1 KOTA MAGELANG)
17204030011_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permainan tradisional yang bermanfaat bagi anak kini mulai ditinggalkan bahkan dilupakan. Anakanak terlena oleh televisi dan video game yang ternyata banyak memberi dampak negatif bagi anak-anak, baik dari segi kesehatan, psikologis maupun penurunan konsentrasi dan semangat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional dhakon terhadap perkembangan kognitif dan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di RA Al-Iman 1 Kota Magelang. Desain penelitian mixed methode pada penelitian ini adalah concurrent embedded design yaitu metode penelitian campuran tidak berimbang. Menggunkan penelitian kualitatif sebagai penelitian primer dan didukung oleh penelitian kuatitatif sebagai penelitian sekunder Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik yang usia 5-6 tahun di RA Al Iman yang berjumlah 30. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi serta kuesioner. Selanjutnya metode analisis data menggunakan triangulasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi permainan tradisional dhakon dilakukan berdasarkan alat dan strategi permainnanya, dengan tidak meninggalkan langkah-langkah serta prinsip-prinsip dalam bermain, sehingga berpengaruh terhadap perkembangan kognitif dan sosial emosional anak usia 5-6 tahun yang ditunjukan oleh angka statistik sebesar pengaruh permainan tradisional dhakon tehadap perkembangan kognitif sebesar 80,2%, sedangkan permainan tradisional dhakon tehadap perkembangan sosial emosional sebesar 76,9%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian pengaruh permainan dhakon terhadap perkembangan kognitif dan sosial emosional anak usia 5-6 tahun sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukiman, M. Pd
Uncontrolled Keywords: permainan dhakon, perkembangan kognitif, sosial emosional, AUD.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 10 Dec 2021 13:58
Last Modified: 10 Dec 2021 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47635

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum